Ekonomi

Harga TBS di Riau Alami Penurunan

PEKANBARU - Harga Tandan Buah Segar (TBS) masih berfluktuatif. Pasca mengalami peningkatan dalam beberapa pekan terakhir, Sepekan menjelang lebaran Idul Adha harga TBS kembali mengalami penurunan.    
 
Penurunan terjadi sebesar Rp15,93 per kilogramnya. Informasi ini menjadi awal yang kurang baik pada pekan pekan pertama bulan September 2016.    Sekretaris penetapan harga TBS sawit, Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Rusdi menilai hal tersebut karena beberapa faktor.
 
Penurunan harga TBS ini lebih kepada harga Crude Palm Oil atau CPO di bursa komoditas Indonesia dan Malaysia terpantau turun tipis pada perdagangan pekan ini.   
 
Pelemahan harga CPO mengikuti pelemahan minyak kedelai sebagai rivalnya. Dalam perkembangannya, harga minyak kedelai jatuh pada ekspektasi pasar untuk rekor panen tanaman AS mendatang. Chicago Board of Trade mencatat minyak kedelai kontrak Desember turun 0,4 persen.    
 
Sementara harga minyak sawit dipengaruhi oleh minyak kedelai, karena keduanya bersaing untuk pangsa di pasar minyak nabati global. Selain itu penurunan harga CPO disebabkan oleh berkurangnya pengetatan pasokan.    
 
"Untuk ekspor produk minyak kelapa sawit untuk bulan Agustus, naik 27,3 persen dari bulan sebelumnya sebagai dampak lonjakan permintaan India. Untuk pasar domestik, harga CPO relatif stagnan dan sesuai dengan perkiraan minggu lalu. Kontrak KPB-PTP terlihat adanya riak halus di beberapa sesi kontrak, akibatnya harga TBS turun tipis,"sambungnya.(MC Riau/rep05) 
 

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]