Nasional

Awas Sudah Dekat, Virus Zika Sudah Menyerang Malaysia

KUALALUMPUR-Setelah Singapura, kini giliran Malaysia yang mengkonfirmasi adanya serangan virus zika terhadap warga negaranya. Otoritas setempat menyebutkan penderitanya adalah seorang perempuan hamil.
 
Informasi itu disampaikan Menteri Kesehatan Malaysia S Subramaniam, Rabu (7/9/2016). Ini adalah kasus zika pertama yang ditemukan di Malaysia. Dalam keterangannya di Facebook, Subramaniam menjelaskan bahwa zika diidap orang wanita berusia 27 tahun yang tengah mengandung anak pertama. Ia dan suaminya mengalami nyeri di tubuh, ruam serta demam pada awal September ini. Ketika dilarikan ke rumah sakit, wanita tersebut dinyatakan positif zika.
 
Subramaniam menjelaskan bahwa kunjungan terakhir wanita tersebut ke Singapura adalah enam bulan yang lalu, tapi suaminya telah bepergian antara kedua negara sehari-hari untuk pekerjaannya di Geylang. Malaysia telah mengambil langkah pencegahan penyebaran zika dengan menghilangkan tempat berkembang biak nyamuk aedes seperti fogging di wilayah pemukiman.
 
Infeksi zika pada wanita hamil telah terbukti menyebabkan microcephaly atau kelahiran bayi cacat dengan ukuran kepala dan otak kecil.(rep05)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]