Anda Semester Akhir? Cepat Siapkan Diri ke Dunia Kerja

 Anda Semester Akhir? Cepat Siapkan Diri ke Dunia Kerja
JAKARTA - Cepat atau lambat para mahasiswa akan segera terjun ke dunia kerja. Apalagi bagi mahasiswa semester akhir, sudah saatnya mereka mempersiapkan diri.
 
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu lakukan agar siap memasuki pasar tenaga kerja sejak semester akhir kuliah.
 
Cari informasi perusahaan
 
Sebelum menjatuhkan pilihan di mana kamu akan bekerja, pastikan kamu sudah mencari berbagai informasi yang membantu pilihanmu nanti. Kamu bisa mulai pencarian melalui website perusahaan atau bertanya langsung pada alumni yang bekerja di perusahaan tersebut.
 
Mulai siapkan dokumen
 
Pastikan kamu sudah mulai menyiapkan dokumen lamaran kerja yang dibutuhkan, seperti curriculum vitae (CV), portofolio sampai sertifikat yang bisa menunjang proses rekrutmen di perusahaan impian.
 
Perluas jaringan
 
Semester akhir ini juga harus kamu manfaatkan untuk memperluas jaringan. Kamu bisa mendapat banyak informasi tentang perusahaan atau berbagai lowongan kerja melalui jaringan yang luas tersebut. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan memilih ke mana akan membangun karier usai lulus nanti.
 
Dapatkan pengalaman baru
 
 
Meski sudah berada di semester akhir tidak berarti kamu berhenti untuk bisa mendapatkan pengalaman baru. Bila selama ini kamu aktif di dalam kampus, cobalah untuk juga bisa aktif di luar kampus dengan mengikuti sejumlah organisasi. Pengalaman tersebut nantinya bisa mempercantik CV yang akan kamu gunakan saat melamar kerja. (rep05)
 
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index