Bagaimana Bangun dengan Lebih Berenergi

Bagaimana Bangun dengan Lebih Berenergi

 Saat anda tidur, tubuh anda membangun pasokan hormon yang dikenal sebagai kortisol, yang kemudian dilepaskan sepanjang hari untuk memberikan anda tenaga.

Tingkat kortisol seharusnya berada paling tinggi pada pagi hari dan semakin berkurang hingga malam, sehingga anda akan mendapatkan tidur yang anda inginkan.

Cari tahu bagaimana untuk mendapatkan tidur yang paling berkecukupan, sehingga anda akan siap menyongsong pagi.

Kegilaan Pagi Hari yang Mengacaukan Mood Anda Seharian: Jam Alarm yang Menggelegar

Anda mungkin memerlukan suara yang keras untuk membangunkan anda, tetapi ketika anda bangun dalam kondisi yang panik, anda menggunakan banyak sekali kortisol anda, yang artinya akan mengurangi energi anda di sisa hari tersebut.

Pertimbangkan untuk menggunakan cara yang lebih baik untuk bangun

Beberapa jam alarm memiliki suara atau musik yang lembut, sehingga anda tidak kaget. Untuk pengguna telefon pintar, cobalah applikasi Gentle Alarm Clock (seharga kurang dari Rp 10.000), anda dapat memilih beragam suara lembut di sana. Atau cobalah applikasi Gentle Alarm (seharga kurang dari Rp. 40.000), yang dirancang oleh ahli saraf dan secara perlahan membawa anda keluar dari tidur anda. Ini akan sangat membantu anda mempertahankan tingkat kortisol yang optimal sepanjang hari.

Jangan Menggunakan Snooze (Panggilan Ulang jangka waktu tertentu) Untuk Tidur Sebentar Lagi

Jika anda menggunakan tombol snooze di weker Anda, anda mengganggu periode pemulihan paling penting dan mengganggu tidur anda sekitar 30 menit per hari.

Letakkan alarm anda di tempat yang tidak dapat dijangkau dari tempat tidur, yang mana anda harus berjalan untuk mematikannya. Dan sekali anda bangun, janganlah tidur atau berbaring lagi. Tulislah catatan kecil di samping alarm sebagai pengingat.

Aturlah kebiasaan tidur anda.

Tidurlah pada jam yang sama setiap malam dan bangunlah dalam jangka waktu yang hampir sama setiap hari, bahkan pada hari Sabtu dan Minggu.

Olahraga pagi

Berolahraga di pagi hari untuk menyegarkan dan menyemangati diri anda sendiri. Cobalah jalan-jalan pagi atau perenggangan rutin. Oksigen dan Vitamin D yang anda dapatkan dari jalan-jalan pagi, akan menyegarkan anda. Anda dapat berolahraga sendiri atau juga bersama dengan anjing anda untuk membuat kombinasi olahraga yang menyegarkan.

Mandi yang Menyegarkan

Mandi di pagi hari untuk menyegarkan tubuh anda dan memberikan pikiran anda ketenangan dan keheningan selama beberapa saat. Mandi tersebut dapat berupa rendaman di air hangat dengan aroma sabun yang menyegarkan.

Makanan dan Minuman Berenergi, Bukan Hanya Sekedar Kenyang

Mulailah hari anda dengan menjaga kesehatan anda. Nutrisi dalam makanan anda tidak hanya memelihara tubuh anda tetapi juga menyegarkan kulit anda, melembutkan rambut dan menyehatkan kuku.

Makan sarapan yang terdiri dari buah-buahan segar, sayur-sayuran dan biji-bijian untuk memberikan tenaga bagi tubuh anda sepanjang hari. Makan sarapan anda tanpa gangguan seperti menonton TV, menggunakan komputer atau membaca surat kabar.

Minumlah air yang cukup di pagi hari dan sepanjang hari. Hindari makanan instan dan olahan apalagi sarapan manis yang tidak memberikan asupan energi alami bagi tubuh yang cepat membuat Anda lapar kembali.

Meditasi

Gunakan waktu 5 hingga 10 menit di pagi hari untuk bermeditasi. Ini akan membantu anda membersihkan pikiran dari stres dan kecemasan, dan akan menyegarkan pikiran dan tubuh anda. Duduklah dengan tegak di tempat tidur anda dan tutuplah mata anda. Bernafaslah dan hirup udara pagi. Fokus untuk menjernihkan pikiran anda setidaknya dalam waktu 5 menit. Ketika pikiran anda mulai melantur, cobalah untuk mengontrolnya kembali dari kekosongan. Ini adalah waktu yang bagus untuk meyakinkan segala hal yang positif dari diri anda.

Kurangi Kekacauan

Kurangi kekacauan di rumah anda, perhatikan kamar tidur. Bangun di ruangan yang rapi, teratur dan bersih akan membuat suasana hati anda bagus. Tempatkanlah barang-barang seperlunya di meja anda, dan sisanya simpan, atur di dalam lemari anda, dimana anda tidak dapat melihatnya ketika bangun. Tempatkan barang-barang anda rapi dan teratur di laci, lemari dan kloset.(rep2)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index