MU Tersingkir di Liga Champions

MU Tersingkir di Liga Champions

Wolfsburg - VfL Wolfsburg sukses membukukan kemenangan 3-2 atas Manchester United. Hasil itu membuat Wolfsburg lolos ke babak 16 besar Liga Champions dan membuat United tersingkir.

Dengan kemenangan tersebut, Wolfsburg memuncaki klasemen Grup B dengan nilai 12, sementara United berada di posisi ketiga dengan nilai 8. Posisi 'Setan Merah' dilangkahi oleh PSV Eindhoven (mengoleksi poin 10) yang pada saat bersamaan menang 2-1 atas CSKA Moskow. Dengan demikian, United harus melanjutkan perjalanan mereka di Liga Europa.

United sempat unggul 1-0 lewat gol Anthony Martial, sebelum Wolfsburg membalikkan kedudukan lewat gol-gol Naldo dan Vieirinha. Gol bunuh diri Guilavogui sempat memberikan napas untuk United, namun gol Naldo tak lama setelahnya benar-benar membuat The Red Devils habis.

Jalannya Pertandingan

Pada pertandingan yang berlangsung di Volkswagen Arena, Rabu (9/12) dinihari WIB, Wolfsburg tampil rapat sehingga menyulitkan United untuk membangun serangan dari tengah. Sebaliknya, Wolfsburg justru mendapatkan peluang bagus lebih dulu.

Ketika pertandingan baru berjalan tiga menit, Andre Schuerrle lepas dari kawalan bek 'Setan Merah'. Pemain depan internasional Jerman itu melepaskan sepakan voli dari jarak dekat. Namun, sepakannya masih melambung.

United akhirnya unggul ketika pertandingan memasuki menit ke-10. Umpan terobosan Juan Mata dari tengah diterima oleh Anthony Martial, yang langsung masuk ke dalam kotak penalti dan menaklukkan Diego Benaglio dengan sepakan kaki kirinya.

Namun, keunggulan United hanya bertahan tiga menit. Berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi oleh Ricardo Rodriguez, bola disambar oleh Naldo di dalam kotak penalti. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Peluang terbaik berikutnya dari United didapatkan oleh Marouane Fellaini pada menit ke-27. Gelandang asal Belgia itu menyambut sebuah sepak pojok dengan tandukan dari jarak dekat. Namun, tandukannya masih bisa diblok Benaglio.

Tapi, justru Wolfsburg yang kemudian berbalik unggul. Pada menit ke-29, Julian Draxler melakukan tusukan dari sisi kanan dan melakukan operan satu-dua. Ia kemudian menerobos masuk ke dalam kotak penalti United dan memberikan operan pendek kepada Vieirinha, yang langsung menceploskan bola ke dalam gawang tim tamu.

Pada menit ke-36, Schuerrle lagi-lagi lolos dari penjagaan bek United. Akibat posisi Guillermo Varela, yang kerap berdiri terlalu dalam, Schuerrle sering mendapatkan ruang. Beruntung bagi United, umpan Schuerrle dari dalam kotak penalti masih bisa diblok.

Gawang United kembali terancam pada menit ke-39. Dari sebuah serangan balik, Draxler mengecoh beberapa pemain United di dalam kotak penalti sebelum akhirnya melepaskan sepakan. Namun, De Gea masih bisa memblok tendangan gelandang bernomor 10 itu.

Pada menit ke-44, United bisa membobol gawang Wolfsburg lewat sepakan Jesse Lingard dari luar kotak penalti. Sial buat mereka, Juan Mata --yang berada di arah sepakan tersebut-- ada dalam posisi offside. Imbasnya, gol Lingard pun dianulir dan United tak jadi menyamakan skor.

Di awal-awal babak kedua, United sempat mendapatkan peluang emas lewat Memphis Depay. Berawal dari serangan dari sisi kanan, bola lambung langsung disambar gelandang asal Belanda itu dengan tendangan salto. Tetapi, sepakannya masih bisa ditepis Benaglio.

De Gea sempat melakukan blunder pada menit ke-63 ketika maju meninggalkan gawangnya untuk menghentikan Schuerrle. Namun, Schuerrle berhasil menghindarinya dan langsung melepaskan sepakan lob. De Gea, yang bergegas kembali ke gawangnya, kemudian melompat dan menghalau sepakan lob Schuerrle.

Setelahnya, De Gea dua kali menyelamatkan gawangnya dari serbuan Wolfsburg. Pertama ketika bola sapuan Lingard --yang berniat mengganggu Schuerrle-- mengarah ke gawangnya dan kedua ketika Max Arnold melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti.

Dari lini serang United, mereka masih kesulitan untuk menciptakan peluang bersih. Pada menit ke-72 tim besutan Louis van Gaal itu mendapatkan tendangan bebas tepat di depan kotak penalti Wolfsburg, tetapi sepakan Memphis lewat tendangan bebas itu melebar.

United mendapatkan tali penyelamat pada menit ke-81. Berawal dari sebuah sepak pojok dari sisi kanan pertahanan Wolfsburg, bola disundul oleh Fellaini. Bola kemudian melambung setelah mengenai kepala Josuha Guilavogui dan skor pun berubah menjadi 2-2.

Tapi, United tidak bisa memanfaatkan tali penyelamat yang diberikan kepada mereka. Dua menit kemudian, gawang mereka bobol lagi setelah sundulan Naldo --menyusul sebuah tendangan sudut-- gagal dihalau oleh pemain-pemain mereka.

Sampai akhir, United tidak bisa menyamakan kedudukan.

Susunan Pemain

VfL Wolfsburg: Benaglio, Träsch, Naldo, Dante, Rodriguez (Schaefer 16), Arnold, Guilavogui, Vieirinha (Klose 78), Kruse, Draxler (Caligiuri 85), Schuerrle.

Manchester United: De Gea, Varela, Smalling, Blind, Darmian (Borthwick-Jackson 43), Fellaini, Schweinsteiger (Carrick 68), Lingard, Mata (Powell 68), Memphis, Martial.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index