Kompany Buat City Rapuh di Pertahanan

Kompany Buat City Rapuh di Pertahanan
Manchester - Manchester City harus menelan kekalahan telak di kandang dari Liverpool. Absennya Vincent Kompany meninggalkan lubang di lini pertahanan yang dimanfaatkan dengan baik oleh The Reds.
 
Kompany harus absen karena cedera betisnya kambuh lagi saat bersama timnas Belgia di jeda internasional lalu. Manuel Pellegrini selaku manajer City pun mau tak mau harus memasang Martin Demichelis dan Eilaquim Mangala di lini belakang untuk pertama kalinya musim ini.
 
Duet keduanya pun lantas berbuah malapetaka bagi City karena mereka tak mampu mengatasi kecepatan serta kegesitan trio pemain depan Liverpool, Adam Lallana, Philippe Coutinho, dan Roberto Firmino.
 
Tiga gol pertama yang bersarang di gawang Joe Hart tak lepas dari kepintaran Firmino dan Coutinho melihat celah di pertahanan City. Pertama, saat Coutinho merebut bola dari penguasaan Bacary Sagna untuk kemudian mengoper kepada Firmino yang lepas dari pengawalan Mangala.
 
Firmino lantas mengirimkan umpan tarik yang salah diantisipasi Mangala dan berbuah gol bunuh diri. Untuk gol kedua, Firmino memaksimalkan salah komunikasi antara Sagna dan Mangala untuk kemudian bebas mengirim bola ke Coutinho yang diselesaikan lewat sepakan terukur ke gawang Hart.
 
Gol ketiga pun tak beda jauh di mana Emre Can dengan mudah melepaskan umpan backheel kepada Coutinho yang lepas dari jebakan offside, untuk kemudian menyodorkan kepada Firmino, yang juga luput dari pengawasan Mangala, dan menyonteknya ke gawang Hart.
 
"City tidak tampil dalam bentuk terbaik mereka, itu terlihat di 10 menit awal ketika mereka kehilangan kecepatan mereka," ujar Frank Lampard yang menjadi pandit untuk Sky Sports di laga tersebut.
 
"Mereka memasang dua bek tengah yang tidak pernah bermain bersama, mereka kehilangan kapten mereka, dan efeknya terasa sangat cepat," sambung Lampard yang musim lalu membela City dengan status pinjaman.
 
"Kita semua pernah melalui laga buruk seperti ini dan ketika duet itu dengan mudahnya ditembus dan mereka berdua mampu mengobrak-abrik pertahanan, sulit untuk untuk bangkit kembali, khususnya ketika Liverpool terus menekan."
 
"Mereka harus segera melupakan kekalahan itu jauh-jauh, karena ini tidak bagus sama sekali. Bagusnya mereka masih dalam perburuan juara, jika melihat dari klasemen."
 
"Saya pikir mereka masih punya sedikit masalah mendasar yang belum dibenahi hingga saat ini - ketika Vincent Kompany tidak bermain, Anda lihat mereka kesulitan di lini pertahanan," tutup Lampard.
 
Absennya Kompany juga membuat City untuk pertama kalinya kebobolan empat gol di laga kandang Premier League. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index