Soal Ilegal Fishing, Diskanlut Rohil Kirim Surat ke Menteri

 Soal Ilegal Fishing, Diskanlut Rohil Kirim Surat ke Menteri
Rohil-Kondisi perairan di wilayah Kabupaten Rohil,  siang kemarin terlihat lumayan tenang. Angin yang bertiup serta gelombang yang muncul terasa tidak begitu kencang dan tinggi. Suasana perairan terasa benar-benar normal.
 
Hanya saja, Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Rohil, Muhammad Amin SpI Msi yang ditemui Riau Pos kemarin di Bagansiapi-api tidak menafikan masih adanya kegiatan illegal fishing tersebut. ‘’Illegal fishing berdasarkan informasi, itu masih ada,’’ kata Amin. 
 
Namun saat operasi rutin dilakukan diperairan dengan menggunakan kapal patroli perikanan, lanjut Amin, kondisi perairan terlihat bersih. ‘’Kalau ada,  begitu kelihatan kapal kita dari kejauhan, mereka langsung kabur melarikan diri,’’ kata Amin. 
 
Dalam menangani masalah illegal fishing tersebut, tambah Amin, pihak Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Rohil mengajukan permohonan surat resmi yang ditujukan oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan. ‘’Alhamdulillah, surat itu sudah ditindaklanjuti,’’ kata Amin.
 
Gilirannya, lanjut Amin, dalam waktu dekat di perairan Bagansiapi-api bakal berdiri Pos Pengawasan Sumber Daya Alam (SDA) Perikanan. ‘’Di sekitar pelabuhan itu kan ada tanah yang kosong. Disanalah pos PSDA Perikanan itu didirikan,’’ kata Amin.
 
Salah satu tugas utama dari pos Pengawasan SDA Perikanan itu, tambah Amin, yakni melaksanakan penanganan soal ilegal fishing.  ‘’Jadi, siap  illegal fishing itu nanti dilakukan oleh yang khusus. Kita dari perikanan siap untuk membantu,’’ kata Amin.(rep05/rpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index