Kritik Partai Demokrat Terhadap Pemerintah Jokowi-JK

Kritik Partai Demokrat Terhadap Pemerintah Jokowi-JK
 
Jakarta - Partai Demokrat (PD) mengkritik cara pemerintah dalam mengelola hubungan internasional. Komunikasi pemerintah dinilai kurang bagus sehingga menimbulkan persepsi negatif kepada Indonesia.
 
Sekjen PD Hinca Panjaitan mengatakan, persepsi negatif itu antara lain, Indonesia dinilai secara sepihak membatalkan konsensus dalam menyelesaikan masalah bilateral di kalangan ASEAN. Selain itu Indonesia juga dinilai meninggalkan pelibatan konstruktifnya di kawasan serta championshipnya di bidang perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.
 
"Cara berkomunikasi dan penanganan hubungan luar negeri yang kurang tepat misalnya kebijakan penenggelaman perahu nelayan asing serta eksekusi hukuman mati sejumlah warga negara asing telah mengganggu hubungan baik kita dengan sejumlah negara sahabat," kata Hinca di gedung DPP PD, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2015).
 
Demokrat juga mengkritik cara komunikasi pemerintah saat akhirnya memilih bekerjasama dengan China dan menolak Jepang. Pemerintah dinilai melakukan komunikasi yang kurang santun.
 
"Partai Demokrat berpendapat menjaga dan meningkatkan hubungan baik perlu dilakukan dengan semua mitra kita," kata Hinca.
 
Para diplomat di luar negeri juga diminta memperbaiki hubungan dan kesalahpahaman dengan sejumlah negara sahabat. "Bagaimanapun lebih baik kita bersahabat dari pada bermusuhan kecuali negara itu sungguh mengancam kedaulatan dan keutuhan wilayah Indonesia serta kepentingan vital kita yang lain," tuturnya. (rep04)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index