Akhirnya, BlackBerry Pakai Android?

Akhirnya, BlackBerry Pakai Android?
CEO BlackBerry, John Chen telah mengumumkan bahwa perusahaan memang tengah bersiap meluncurkan smartphone berbasis sistem operasi Android. 
 
Apa alasan yang melatarbelakangi BlackBerry sehingga mau mengadopsi OS buatan Google ini?
 
"Ini adalah jawaban bagi pengguna BlackBerry lama yang menginginkan keyboard fisik, namun suka dengan aplikasi-aplikasi masa kini," ujar Chen seperti dikutip KompasTekno dari Cnet, Sabtu (26/9/2015).
 
Chen mengatakan, ponsel BlackBerry yang diberi nama Priv (asal nama dari "Privacy" dan "Privilege") itu adalah smartphone Android teraman yang beredar di pasaran.
 
Menurutnya, BlackBerry akan meluncurkan Priv di tahun ini juga. Sementara itu, tidak ada rencana perusahaan meluncurkan ponsel BlackBerry dengan sistem operasi BB10 pada tahun ini.
 
Menurut Chen, Priv merupakan perangkat flagship yang ditujukan untuk konsumen umum, pekerja profesional, juga kalangan pemerintahan yang ingin produktif dan aman dengan perangkat Android.
 
Chen belum mengutarakan detil spesifikasi dari Priv. Rumor yang beredar sebelumnya menyebutkan bahwa ponsel ini akan memiliki layar 5,4 inci (2560x1440), prosesor Snapdragon 808, RAM 3GB, kamera 18 megapiksel dan 5 megapiksel, serta keyboard yang mendukung touch input seperti BlackBerry Passport.
 
Langkah BlackBerry yang akhirnya mengadopsi sistem operasi mobile berjamaah ini dianggap oleh analis di Strategic Analytic, Neil Mawston sebagai upaya untuk menggaet konsumen yang lebih luas.
 
"Jika tidak bisa mengalahkannya (Android), maka bergabunglah," kata Mawston.
 
"OS BlackBerry sudah tidak sepopuler dulu lagi, makanya mereka beralih ke Android untuk menyasar pasar yang lebih besar di sisi konsumer," imbuhnya.(rep04)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index