Tumpas Asap, 1.250 Prajurit Bantuan Mabes TNI Tiba di Riau

Tumpas Asap, 1.250 Prajurit Bantuan Mabes TNI Tiba di Riau
Pekanbaru-Tidak kurang dari 1.250 prajurit baik dari Paskhas dan Kostrad Mabes TNI didatangkan ke Riau sesuai instruksi Presiden RI pasca ditetapkannya status darurat asap kemarin.
 
Dari pantauan Riaupos.co di Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Selasa (15/9/2015) siang, ribuan prajurit ini diangkut oleh beberapa pesawat jenis Hercules secara bertahap dari Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma Jakarta.
 
"Total prajurit yang akan tiba berjumlah 1.250 prajurit terdiri dari Kostrad dan Paskhas TNI AU. Ini belum termasuk pasukan Briomob dari Sumatera Utara," kata Dansatgas Darurat Asap Riau, Bigjen TNI Nurendi
 
Dikatakan Nurendi, ribuan prajurit ini nantinya akan dikerahkan untuk melakukan pemadaman titik di perbatasan-perbatasan yang ada di wilayah selatan yakni Kabupaten Inhu, Inhil, Pelalawan, dan Kuansing.
 
"Yang jelas, sesuai peintah presiden ’Padamkan Api, Hilangkan Asap’ maka prajurit-prajurit ini akan disiagakan secara prioritas di wilayah-wilayah yang mungkin banyak terdapat titik api," lanjutnya.
 
Nurendi mengharapkan, dengan adanya penambahan ribuan kekuatan dari Mabes TNI ini, bencana kabut asap yang melanda Provinsi Riau bisa segera teratasi dalam dua pekan kedepan.
 
"Walaupun hari ini titil api terpantau nihil, namun kita tetap harus waspada karena lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan gambut yang mana jika sedikit saja tertiup angin akan kembali terbakar," tukasnya. (rep05/rpc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index