Bupati Rohil: Rimba Melintang dan Sinaboi Jadi Sentral Bebek

 Bupati Rohil: Rimba Melintang dan Sinaboi Jadi Sentral Bebek
Untuk meningkatakan ekonomi kerakyatan (Ekora), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir akan menjadikan dua kecamatan sebagai sentral pertenakan bebek potong. Dua kecamatan itu yakni Kecamatan Rimba
Melintang dan Kcamatan Sinaboi.
 
Dijadikannya dua kecamatan itu sebagai sentral ternak bebek potong karena kondisi tanahnya dianggap cocok untuk peternakan bebek karena berawa dan berair.“Dari 18 kecamatan yang ada di Rohil, Kecamatan Rimba Melintang dan Kecamatan Sinaboi yang sangat cocok untuk dijadikan sentral ternak bebek potong. Maka dari itu kita akan coba memasukan anggarannya di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016 mendatang,”kata Bupati Rohil H Suyatno Amp, Senin (31/8) di Bagansiapiapi.
 
Diterangkan Suyatno, dirinya tertarik untuk mengembangkan ternak bebek potong di Rohil setelah melihat di daerah lain yang hasilnya ternyata cukup menjanjikan.“Saya sudah lihat peternakan bebek potong di Jakarta, dimana ekonomi masyarakatnya cukup matang dan meningkat. Karena bebek itu berusia 45 hari sudah bisa menghasilkan berat 1 kilogram dan sudah siap dipotong. Nah, jika ini diterapkan di Rohil maka diyakini ekonomi masyarakatnya meningkat,” kata Bupati.
 
Selain ternak bebek potong, pihaknya juga telah mengembangkan ternak ayam petelor di Kecamatan Tanah Putih Sedinginan. Saat ini hasilnya cukup berkembang dan ekonomi masyarakatnya terlihat meningkat.
 
‘’Saya telah lihat ayam petelor itu mampu menghasilkan telur perharinya 850 butir. Nah, pada tahun 2016 nanti tidak ada salahnya kita juga mencoba mengembangkan ternak bebek potong, jika ini berhasil maka ekonomi masyrakat diyakini akan meningkat,” pungkas Suyatno.(rep05/rpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index