Pemadaman Bergilir di Bengkalis Hingga Tengah Malam

  Pemadaman Bergilir di Bengkalis Hingga Tengah Malam

BENGKALIS –  Jumlah mesin sewa PT PLN Rayong Bengkalis yang mengalami kerusakan kembali bertambah. Kalau sebelumnya hanya satu unit yang rusak, terhitung Kamis (20/6) bertambah lagi menjadi satu unit. Akibatnya PLN terpaksa memberlakukan pemadaman bergilir 5 : 1 hingga tengah malam.

"Jumlah mesin milik PT Bangun Andalan Perkasa (BAP) yang kita sewa mengalami kerusakan sebanyak dua unit. Kerusakan terbaru pada Kamis kemarin sekitar pukul 09.00. Akibatnya kita kehilangan daya sebesar 2.000 kilowat (KW). Dengan kondisi tersebut, kita terpaksa memberlaukan pemadaman bergilir lima hari sekali," kata Manajer PLN Ranting Bengkalis, Andi Prasetiawan, Jumat (21/6).

Dikatakan, pemadaman bergilir akan diberlakukan pada beban puncak dari pukul 18.00 WIB hingga 23.00 WIB, karena pada saat beban puncak mencapai 14.500 KW sementara yang terlayani hanya 12.500 KW. "Dengan sangat terpaksa diberlakukan pemadaman 5 hari nyala, 1 hari padam di beban puncak jam18.00 WIB sampai dengan jam 23.00 WIB. Kita juga mendesak pihak PT BAP untuk melakukan perbaikan mesin yang rusak itu. Mohon maaf kepada para pelanggan atas ketidaknyamanan ini," ujarnya.

Terkait perbaikan yang dilakukan oleh pihak PT BAP, Andi mengatakan saat ini sedang dilakukan untuk mesin unit 4. Sedangkan mesin satu lagi, yang unit 2 sudah dibongkar tapi kemungkinan bisa beroperasi masih cukup lama karena suku cadangnya sedang dikirim dari Amerika. “Kalau yang unit 2 ini saya pesimis saat puasa bisa beroperasi. Namun untuk unit 4 mudah-mudahan bisa kembali norma sesegera mungkin,” kata Andi.

Masih menurut Andi, justru dirinya lebih berharap agar mesin sewa tambahan yang saat ini sedang dalam perjalan bisa segera sampai di Bengkalis sehingga bisa secepatnya difungsikan. Saat ini mesin sewa tambahan dengan total daya sebesar 3 MW sudah sampai di Pekanbaru dan secepatnya akan dibawa ke Bengkalis.

"Memang proses mobilisasi sedikit mengalami keterlambatan. Namun kita sangat berharap pada bulan puasa nanti mesin ini sudah beroperasi sehingga pemadaman bergilir di Bengkalis bisa kita atasi," ujar Andi seraya menambahkan kalau tapak mesin untuk mesin sewa tambahan tersebut sudah dipersiapkan dan tinggal pemasangan. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index