F-DKPS Siak Pertanyakan Sumber PAD Dari Pelayanan Pasar

 F-DKPS Siak Pertanyakan Sumber PAD Dari Pelayanan Pasar
SIAK-Fraksi Demokrat Kebangkitan Pembangunan Sejahtera (DKPS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siak, mempertanyakan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari pelayanan pasar yang tidak maksimal. Sepertinya Pemerintah Daerah masih kurang jeli menjembatani perkembangan perekonomian rakyat kecil yang beraktifitas dengan pasar, terutama pasar tradisional.
 
Demikian hal ini dikemukan oleh H.Sugianto pada rapat paripurna dewan kemarin. "Hampir disetiap lini kehidupan masyarakat Kabupaten Siak tidak terlepas dari pasar, baik pasar modern maupun pasar tradisional, banyak pasar yang dibangun dan di kelola oleh Pemda Siak, akan tetapi masyarakat kurang berminat bertransaksi di pasar tersebut, lebih cendrung memilih pasar dadakan atau pasar yang dikelola oleh masyarakat dengan alasan lebih murah," katanya.
 
Tak hanya itu Fraksi DKPS mengamati banyaknya pasar yang bermunculan secara dadakan atau sistem satu minggu buka satu kali, tentu ini kalau di biarkan akan mengurangi transaksi di pasar yang di kelola Pemda Siak, dengan imbas Pendapatan Asli Daerah dari pelayanan pasar akan mengalami penurunan secara berangsur-angsur. 
 
"Oleh sebab itu Pemerintah Daerah harus mencari langkah-langkah untuk pengelolaan pasar yang di kelola oleh Pemda Siak, supaya tidak ditinggal penjual dan pembeli,"jelas Sugianto membeberkan.
 
Fraksi DKPS juga mempertanyakan tentang pelabuhan Internasional yang ada di kota Siak. "Sampai hari ini belum terwujud dan dapat digunakan, sudah banyak uang APBD Siak digunakan untuk membangun gedung terminal, lama sudah masyarakat menunggu, dan lama sudah DPRD menganggarkan, mengesahkan dan mengawasi pembangunan terminal Pelabuhan Internasional tersebut, tapi tak kunjung beroperasi," kata Sugiyanto menyampaikan.(fandy)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index