Riau

Ratusan Santri TKQ dan TPQ di Inhu Diwisuda

Rengat-Kebahagian terpancar dari para orang tua yang hadir mendampingi para anak-anaknya yang hari ini, Sabtu (29/8), resmi diwisuda dalam kegiatan Wisuda dan Khatam Al Qur'an Santriwan dan Santriwati TKQ/TPQ se Kecamatan Rengat, Rengat Barat dan Kecamatan Kuala Cenaku TP. 2014/2015 yang pelaksanaannya dipusatkan di lapangan Terbuka Hijau Rengat.
 
Hadir sekaligus mewisuda ratusan peserta  dalam kegiatan itu, Penjabat (Pj) Bupati Inhu H. Kasiarudin, SH dengan didampingi Anggota DPRD Inhu Arif Ramli, Camat Rengat Dudi Sunandar, Camat Rengat Barat Nurdjanah, SP, Camat Kuala Cenaku Wagiman, SE, Sekretaris Dinas Pendidikan Inhu Winaldy, beberapa Kepala KUA serta para kepala sekolah dan pengajar dari TKQ dan TPQ dari tiga kecamatan.
 
Ketua panitia pelaksana, Jahlelawati, S.Pd.I menyampaikan bahwa kegiatan ini sendiri dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi yang diberikan kepada anak-anak didik demi menumbuhkan semangat para santri untuk membaca, mempelajari, serta mengamalkan Al Qur’an.
 
Dari jumlah total peserta sebanyak 826 anak, 528 diantaranya tercatat sebagai peserta yang mengikuti wisuda, sedangkan untuk khatam Al Qur’an diikuti sebanyak 298 anak yang tergabung dalam 17 lembaga TKQ dan TPQ di tiga kecamatan tersebut
 
Selaku perwakilan Kepala Kantor Kementrian Agama Inhu, H. Marjoni, MA, mengungkapkan kegiatan ini merupakan hasil dari perjuangan para orang tua bersama para tenaga pendidik dalam usahanya memberantas buta aksara di Kabupaten Inhu. Sesuai data yang ada, tercatat sebanyak 2882 para tenaga pendidik tersebar di hampir seluruh wilayah Inhu dengan total siswa yang yang menjadi peserta didik sebanyak 21 ribu santriwan/ti.  
 
Ia juga merasa bersyukur bahwa sejak tahun 2010 lalu, DPRD bersama Pemkab Inhu telah menetapkan keberadaan lembaga pendidikan TKQ dan TPQ dalam Perda nomor 4 tahun 2010. Sehingga kesejahteraan para tenaga pendidik mendapatkan perhatian.
 
Sementara itu, dalam sambutannya Penjabat (Pj) Bupati Inhu H. Kasiarudin, SH mengaku terkagum saat melihat penampilan-penampilan baik dari tarian maupun saat Dai cilik M. Iqbal Septiraj yang menyampaikan tausiahnya dihadapan para undangan yang hadir. Menurutnya, Ini menunjukkan potensi yang luar biasa yang dimiliki oleh para generasi penerus di Kabupaten Indragri Hulu.
 
Atas nama pemerintah, ia akan terus memberikan perhatian terhadap peningkatan kesejahteraan khususnya bagi para tenaga pengajar yang sampai saat ini terus bersemangat dalam membagikan ilmunya. Akan tetapi, ia juga menuntut perhatian dari para orang tua agar menganggap penting pendidikan bagi anak-anak khususnya pendidikan keagamaan.   
 
Ia berharap, melalui kegiatan ini menjadi momentum bagi seluruh elemen untuk memberikan kontribusi yang positif dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Indragiri Hulu. (cr04/hms)
 

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]