Nasional

Sebanyak 19 Nama Capim KPK Dinyatakan Lolos

Jakarta-Seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi oleh Pansel KPK tinggal selangkah lagi. Kemarin, 19 nama capim telah diumumkan lolos seleksi tahap ketiga. Mereka otomatis akan mengikuti seleksi tahap akhir, berupa tes kesehatan dan wawancara.
 
"Ada empat perempuan, dan sisanya laki-laki," beber Ketua Pansel KPK Destry Damayanti, di kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Dia menyatakan, sembilan nama yang diputuskan masuk seleksi tahap akhir telah melalui sejumlah pertimbangan menyeluruh.
 
Lewat serangkaian tes di tahap tiga, kata dia, masing-masing calon telah berusaha dilihat potensi dan kompetensinya. Mulai dari segi kecerdasan, cara kerja, kepribadian, hingga integritas dan kepemimpinan.
 
Termasuk, beber dia, tracking sejumlah institusi terhadap para capim beberapa juga telah ikut menjadi salah satu bahan pertimbangan. "Meski nanti, (hasil tracking) lebih detilnya akan menjadi bahan kami saat tahap tes wawancara nanti," imbuh ekonom perempuan tersebut."
 
Di antara yang lolos, ada beberapa nama populer yang ikut masuk. Di antaranya, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Jimmly Asshiddiqie dan Plt Pimpinan KPK Johan Budi. Mantan Aspam KSAD Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji dan Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono juga termasuk dalam deretan yang lolos.
 
Dua dari tiga perwira tinggi Polri yang sempat lolos tahap III, juga berhasil masuk daftar 19 nama. Mereka adalah Widyaiswara Madya Sespimti Polri Brigjen Pol Basaria Panjaitan dan mantan Kapolda Papua Irjen Yotje Mende. Sedangkan Irjen Syahrul Mamma gagal melaju.
 
Dari unsur kejaksaan, tersisa satu nama. Yaitu, Direktur Perdata Jam Datun Kejaksaan Agung Sri Harijati. "Seluruhnya akan mengikuti tes tahap keempat pada 24, 25, dan 26 Agustus nanti," kata Destry. (rep05)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]