RAPP Beri Pelatihan Karakter dan Manajemen Usaha

RAPP Beri Pelatihan Karakter dan Manajemen Usaha

PELALAWAN - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melalui Community Development (CD) Department kembali memberikan pelatihan karakter dan manajemen usaha bagi mitra binanya yang termasuk dalam program Small Medium Enterprises (SMEs) atau program Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Pelatihan dilaksanakan di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT).

Dalam pelatihan itu, sebanyak 28 orang mitra bina yang berasal dari lima kabupaten di daerah operasional PT RAPP mengikuti kegiatan yang rutin dilakukan itu. Dalam pelatihan tersebut, peserta mendapatkan materi seputar Character Building atau pembangunan karakter dan manajemen usaha. Di samping itu, peserta juga mendapatkan sosialisasi mengenai perpajakan, Jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek), serta manajemen usaha yang dipaparkan oleh perwakilan dari Bank BNI Syariah Pekanbaru.

"Dalam rangka membangun karakter dan mental para mitra bina serta mengetahui bagaimana pengelolaan usaha secara baik, maka kita mengadakan kegiatan ini. Namun yang terpenting adalah bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial dari RAPP. Diharapkan dengan pelatihan ini para mitra bina kita dapat mengerjakan peluang usaha yang telah diberikan dan dikerjasamakan dengan PT RAPP dimanfaatkan dengan baik, dengan respon yang cepat sesuai dengan kontrak yang ada," ungkap Head of CD RAPP, Amru Mahalli, Jumat (21/6).

Tak hanya itu, sambungnya, melalui pelatihan ini juga dirinya berharap agar pertumbuhan usaha mitra bina PT RAPP semakin baik, serta dapat mengetahui hak-hak dan kewajiban sebagai pengusaha dan yang menjalankan usaha.  Selain itu, mitra bina diajak juga untuk
mengetahui lebih dalam bagaimana tata cara melakukan pinjaman ke bank, hal-hal apa saja yang harus dipenuhi. "Jadi intinya, melalui program ini, kita ingin konsepnya tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Dalam hal ini antara PT RAPP dengan mitra bina program SMEs kita," ujarnya.

Sementara itu, Dimas Prasetyo, salah seorang pembicara dari sebuah Consulting & Training Sumber Daya Manusia (SDM) mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh RAPP merupakan kegiatan yang cukup baik dan harus dimanfaatkan secara optimal oleh peserta. Karena menurutnya, mitra bina RAPP merupakan orang-orang yang beruntung, karena selaku pengusaha mereka memiliki pendamping atau mitra kerja yaitu RAPP.

"Seharusnya temen-temen merasa beruntung karena ketika mereka memiliki usaha, ada satu mitra yang bersamanya, yaitu PT RAPP. Karena tidak mudah untuk menjadi seorang pengusaha dan kemudian kehidupan usahanya itu bisa berkelanjutan dan saat ini RAPP sudah menyediakan medianya," katanya.

Hal yang kurang lebih sama disampaikan juga oleh salah seorang mitra bina bidang rentalisasi speedboat yang berasal dari Desa Tasik Putri Puyu, Aizan. Menurutnya, alasannya mengikuti pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan motivasi dan menambah pengetahuannya mengenai manajemen usaha bagi keberlangsungan usahanya. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index