Pj Bupati Inhu Ingatkan Tetap Waspada Karhutla

 Pj Bupati Inhu Ingatkan Tetap Waspada Karhutla
 
Rengat-Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terus siaga terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah). Walaupun saat ini, sudah sering diguyur hujan.
 
“Tidak tertutup kemungkinan terjadi Karhutlah, walaupun saat ini beberapa kali diguyur hujan,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Inhu H Kasiarudin SH saat memimpin rapat Karhutla, Senin (10/8).
 
  Usai membuka rapat, Pj meminta penjelasan tentang kondisi Karhutlah mulai dari titik panas hingga titik api. Karena dalam rapat tersebut juga dihadiri sejumlah instansi terkait mulai Polres Inhu, Kodim 0302 Inhu, DPRD Inhu, BPBD, Dishut, Disbun, Polhut dan BLH.
 
Dari laporan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Inhu Arifwan SSos menyebutkan, hingga saat ini di Kabupaten Inhu tidak lagi ada terpantau titik panas dan titik api. Namun demikian, terus dilakukan pemantauan dan pengawasan di sejumlah daerah di Kabupaten Inhu.
 
    Titik panas tertinggi di Kabupaten Inhu tertinggi terjadi pada Juli lalu. Saat itu terpantau mencapai 243 titik panas. Sehingga berbagai upaya telah dilakukan hingga pemadaman titik api.
 
     Untuk itu sebutnya, kepada masing-masing instansi terkait terutama BPBD, Disbun dan Dihut serta BLH tetap siaga.   “Penanganan Karhutlah merupakan bagian dari tugas saya sebagai Penjabat Bupati yang diintruksikan Plt Gubernur Riau,” ungkapnya.
 
   Selain itu sebutnya, siaga Karhutlah di Riau saat ini masih berjalan. Dimulai sejak Januari lalu hingga Oktober mendatang.  Artinya dengan kondisi saat ini yang sudah mulai turun hujan, bukan berarti mengenyampingkan siaga untuk Karhutla. “Selain terus dilakukan pemantauan, kepada instansi terkait tetap diminta untuk menyosialisasikan kepada masyarakat tentang larang dan sanksi membuka lahan dengan cara membakar,” tegasnya.(rep05/rpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index