Sampah Menumpuk, Pemko Pekanbaru Kesulitan Lahan untuk Bangun TPS

 Sampah Menumpuk, Pemko Pekanbaru Kesulitan Lahan untuk Bangun TPS
Pekanbaru-Pemerintah Kota Pekanbaru mengalami kesulitan mendapatkan lahan untuk dipergunakan sebagai tempat pembuangan sampah (TPS). Padahal TPS di kota ini jumlahnya masih kurang dibandingkan volume sampah yang dihasilkan setiap hari. 
 
Walikota Pekanbaru Firdaus MT dalam keterangannya Kamis (6/8) di Pekanbaru mengatakan, mengingat volume sampah yang dihasilkan masyarakat kota pekanbaru terus meningkat, maka TPS yang ada sekarang ini masih kurang.
 
"Karena itu, kita berupaya untuk melakukan penambahan TPS agar seluruh sampah yang dihasilkan masyarakat dapat dikelola dengan baik. Hanya saja, untuk menambah TPS itu masih menemui kendala," ujarnya.
 
Kendala tersebut, menurut Firdaus, belum diperolehnya lahan yang memadai untuk dibangunkan TPS. "Kami sudah instruksikan kepada camat dan lurah untuk mencari lahan yang dibisa digunakan untuk membangun TPS," ujarnya.
 
Jika lahan sudah didapatkan, maka Pemko Pekanbaru akan siap membangun TPS tersebut. Sebab  instansi terkait sudah diperintahkan untuk menyiapkan anggaran guna pembangunan TPS tambahan tersebut.
 
Selain berupaya mencari lahan untuk dibangunkan TPS, Pemko pekanbaru juga berencana membuat TPS seperti dump Truck, sehingga mudah diangkat petugas. "Dengan model ini, sampah yang ada di dump truck bisa langsung diangkut," ujarnya.(rep05/mcr)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index