Riau

Asian Agri akan Bangun 20 PLTB

Pekanbaru-Sebagai salah satu bentuk komitmen menjaga kelestarian lingkungan hidup, Asian Agri sebagai perusahaan kelapa sawit nasional akan membangun 20 Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTB) hingga 2020 mendatang.
 
Pembangunan PLTB tersebut bertujuan untuk mengolah limbah cair sawit menjadi green energi (listrik) yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik operasional perusahaan dan masyarakat di sekitar kawasan operasional perusahaan Asian Agri.
 
“Kita sudah mulai membangun PLTB sejak 2013 lalu. 5 PLTG sudah selesai dibangun dan dioperasionalkan. Yaitu 2 di Sumatera Utara, 2 di Riau dan 1 di Jambi dengan kapasitas 7 megawatt. 2020 mendatang, akan dikembangkan masing-masing menjadi 2 megawat per PLTB,’’ terang GM Asian Agri, Freddy Wijaya pada acara halalbihalal dengan wartawan di Riau, Selasa (4/8).
 
Sebelumnya, tambahnya, limbah cair tersebut hanya dimanfaatkan untuk land application yang berfungsi sebagai pupuk bagi tanaman sawit. Dengan adanya tehnologi terbarukan ini, maka terbuka peluang untuk memperoleh manfaat dari POME.
 
Pembangunan PLTB ini menurut Freddy Wijaya sejalan dengan rencana Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kemen LH dan Kehutanan RI yang akan mengeluarkan kebijakan mengenai keharusan pengelohan limbah cair sawit menjadi listrik.
 
Technical Controler Asian Agri, Krisman Sitinjak mengatakan bahwa masing-masing PLTB ini mampu memproduksi 2 megawatt. Jika diasumsikan per rumah tangga membutuhkan 900 watt, maka 1 PLTB akan mampu menerangi 2 ribu rumah.
 
“PLTB ini bersifat green energy. Karena gas metana yang terkandung di dalam limbah cair akan ditangkap untuk diolah menjadi energi listrik,” terangnya.
 
Selain ramah lingkungan, tambahnya, energi listrik yang dihasilkan PLTG juga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal itu juga bentuk menjaga kelestarian lingkungan karena mengurangi penggunaan pupuk kimia.(rep05/rpc) 
 

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]