Riset : Menopause Itu Penyebabnya adalah Laki-laki

Riset : Menopause Itu Penyebabnya adalah Laki-laki
Jakarta- Sebuah penelitian mengungkapkan, menopause yang terjadi pada wanita adalah pria penyebabnya.
 
Penelitian dilakukan oleh Rama S. Singh, profesor biologi dari Universitas McMaster di Hamilton, Ontario.
 
Ia menemukan, pria memilih wanita yang lebih muda untuk kemudian bereproduksi adalah yang menyebabkan mutasi genetik yang memicu menopause pada wanita yang lebih tua.
 
"Pria tidak memilih wanita dengan mata tertutup. Mereka tertarik pada wanita cantik yang lebih muda. Ketika itu terjadi, laki-laki kemudian menjadi sibuk bereproduksi dengan wanita yang lebih muda. Itu berarti wanita di ujung lain, yang lebih tua, cenderung untuk kurang bereproduksi. Inilah yang memicu mereka menjadi menopause," katanya seperti dilansir dari nydaily.
 
Singh bersama dua rekannya menguji teori pada populasi virtual mengunakan simulasi komputer. Hasil penelitian diterbitkan dalam jurnal PLoS Computational Biology.
 
Dia berharap penelitian ini bisa memicu minat medis tentang menunda menopause pada wanita seperti halnya menunda penuaan.
 
Jika mutasi genetik yang memicu menopause adalah seperti mutasi yang menyebabkan penuaan, artinya ini pun bisa ditunda.
 
"Sampai saat ini, Anda tidak bisa berbuat apa-apa [menopause], karena Anda tidak tahu bagaimana hal itu terjadi," katanya. "Mungkin ada sesuatu yang bisa dilakukan. Tidak menghapus menopause, tapi mungkin menunda hal itu," harapnya.(rep03)
 
 
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index