Pasca Hercules Jatuh, TNI AU Stop Terbang Sejumlah Pesawat

 Pasca Hercules Jatuh, TNI AU Stop Terbang Sejumlah Pesawat
Jakarta-Menyusul kecelakaan yang terjadi di Medan, Sumatera Utara, TNI Angkatan Udara menyatakan akan "mengandangkan" sejumlah pesawat angkut militer jenis Hercules.
Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Dwi Badarmanto, menyatakan, pesawat Hercules yang bakal dihentikan terbang sementara waktu yakni Hercules yang sejenis dengan yang jatuh di Medan.
 
"Ya, KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara) sudah menekankan untuk pesawat Hercules, atau C-130 tipe B yang sejenis, untuk sementara waktu dihentikan untuk terbang, atau stop flying," kata Dwi, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/7/2015) malam.
 
TNI AU belum menyebutkan berapa unit pesawat Hercules sejenis yang jatuh di Medan, yang bakal dikandangkan itu. Langkah penghentian terbang untuk sejumlah pesawat Hercules ini sambil menunggu hasil investigasi mengenai penyebab kecelakaan.
 
"Sampai diperoleh hasil investigasi, setelah itu nanti akan diambil kebijakan lain (terkait penghentian)," ujar Dwi.
 
Seperti diberitakan, pesawat Hercules C-130 dengan nomor A-1310 jatuh di Medan Selasa (1/7/2015) kemarin.
 
Pesawat itu jatuh setelah dua menit lepas landas dari Lanud Soewondo. Akibat kecelakaan ini, 122 orang penumpang pesawat menjadi korban. Pesawat yang hendak menuju Lanud Tanjung Pinang itu jatuh menimpa bangunan dan mobil warga.
 
Saat ini, tujuh warga di darat diduga ikut menjadi korban saat pesawat tersebut jatuh. Satu di antaranya dinyatakan selamat dan sisanya masih dicari petugas.(rep05)
 
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index