DPRD Minta Pemkab Siak Evaluasi Total BUMD

DPRD Minta Pemkab Siak Evaluasi Total BUMD
SIAK - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siak menegaskan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, supaya mengevaluasi kembali terhadap keberadaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Sejumlah BUMD yang menjadi milik daerah ini harus dimbil langkah-langkah strategis,ini penting untuk dilakukan, supaya keberadaan BUMD tersebut bisa memberikan kontribusi, jadi tidak hanya pada pembangunan ekonomi daerah, akan tetapi yang tak kalah pentingnya adalah memberikan pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).Ungkap anggota DPRD Siak Sumaryo pada saat paripurna kemarin.
 
"Pemerintah Daerah Kabupaten Siak sangat perlu melakukan evaluasi menyeluruh kepada BUMD-BUMD yang menjadi sumbangsih bagi PAD Kabupaten Siak, sebab dari kacamata Dewan, tidak semua BUMD yang beroperasi di daerah kita ini, dapat memberikan kontribusi yang besar bagi Pemerintah Daerah, hanya beberapa BUMD saja, yang mampu memberikan sumbangsih bagi PAD bagi, daerah karena itu, perlu dilakukan evaluasi,"kata Sumaryo menegaskan.
 
Hal senada juga disampaikan oleh anggota DPRD Siak dari Fraksi Demokrat Samsurizal, menurutnya secara umum pada tahun anggaran 2014 hasil dari BUMD mencapai 169,492 milyar lebih atau 99,88 persen dari target yang telah ditetapkan, namun pendapatan ini hanya dari beberapa BUMD seperti PT.BSP, PT.Persi. Sementara BUMD PD,SPS, PT.SPE dan PT.KITB tidak mampu menunjukkan kinerja dengan baik yang berakibat tidak mampu menyumbang Pendapatan Asli Daerah.
 
"Jadi kami minta penjelasan terhadap kinerja dan laporan keuangan semua BUMD selama tahun 2014 dan bagaimana tindak lanjut dari rekomendasi DPRD selama ini agar dilakukan evaluasi total terhadap BUMD yang kinerjanya tidak baik, dan bila memang benar-benar tidak mampu lagi, agar segera dilakukan merger bahkan likuidasi terhadap BUMD tersebut," pinta Samsurijal.
 
Terkait akan hal ini, Bupati Siak Drs.H.Syamsuar,M.Si menyebutkan, pendirian perusahaan daerah bertujuan memanfaatkan sumber daya alam bagi kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja, tentunya terkait BUMD yang berkinerja tidak baik yang dibuktikan dengan belum mampunya memberikan kontribusi bagi PAD terhadap BUMD tersebut akan terus dilakukan evaluasi dalam rangka memperbaiki kinerjanya.
 
Tak hanya itu kata Bupati, terkait keinginan Dewan agar mengevaluasi total BUMD di Siak, pada saat ini Pemerintah Daerah sedang melakukan evaluasi terhadap manajemen dan kinerja BUMD dalam rangka perbaikan BUMD ke depan terutama terhadap PT.KITB, PD, SPS. 
 
"Dan perlu disampaikan untuk pemberian Deviden tahun 2014 dari BUMD yang memberikan Dividen yaitu : PT.Bank Riau Kepri. PT.BSP.PT.Persi.PT.SPE sedangkan yang belum dapat memberikan Deviden yaitu PT.KITB dan PD SPS, hal ini dikarenakan BUMD tersebut belum memperoleh keuntungan dari operasional usaha yang dilakukannya, yang diakibatkan oleh performance perusahaannya yang belum optimal serta laporan keuangan belum selesai di audit oleh akuntan publik untuk tahun buku 2014 dan adanya permasalahan hukum," ungkapnya (Fandy/ria)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index