BBM Naik, Pengusaha Diminta tak Dongkrak Harga Barang

BBM Naik, Pengusaha Diminta tak Dongkrak Harga Barang


JAKARTA-Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto meminta kalangan pengusaha untuk tidak menaikkan harga. Apalagi pemerintah akan mengumumkan kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi sebentar lagi.

"Kami menghimbau kepada dunia usaha untuk menahan diri agar produsen tidak menaikkan harga barang," kata Suryo saat konferensi pers di kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Jumat (21/6).

Suryo menambahkan, pengusaha bisa melakukan kenaikan harga, namun masih dalam tahap wajar-wajar saja. Sehingga resiko kenaikan harga itupun tidak akan memberatkan masyarakat, apalagi bagi masyarakat miskin.

Di sisi lain, Suryo meminta pengusaha untuk menjaga pasokan pangan agar saat pemerintah resmi menaikkan harga BBM, pasokan pangan di pasar sudah tersedia. Sehingga gejolak kenaikan harga bisa diredam.

"Jadi bila stok pangan tersedia, maka tidak ada alasan bagi pengusaha atau pedagang untuk menaikkan harga barang," tambahnya.

Di tempat yang sama, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofyan Wanandi akan berkomitmen untuk menjaga kestabilan harga barang di pasar. Namun pihaknya meminta kepada pemerintah untuk mengantisipasi sumbatan-sumbatan baik masalah distribusi dan infrastruktur agar tidak menghambat penyaluran barang.

"Kami sudah komit untuk menjaga kestabilan harga barang di pasar. Tapi masalah bottleneck juga harus segera diselesaikan, ini biar tidak menghambat bisnis kami," kata Sofyan.

Pihaknya mengaku akan membantu pemerintah dalam menjamin pasokan barang di pasar. Saat ini Sofyan mengaku semua stok pangan masih (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index