Kabut Asap Makin Tebal, Dumai Siaga I

 Kabut Asap Makin Tebal, Dumai Siaga I

Dumai-Kabut asap di Kota Dumai semakin parah. Jarak pandang pada Kamis pagi tidak lebih dari 100 meter, sementara kualitas udara jauh di atas standar yakni 460 Psi. Pemerintah Kota Dumai akhirnya mengeluarkan status Siaga I.

Walikota Dumai, H Khairul Anwar mengatakan, penetapan Siaga I karena kualitas udara sudah sangat membahayakan bagi kesehatan warga. "Saya minta masyarakat mengurangi aktivitas di luar ruangan. Kalaupun harus keluar rumah agar menggunakan masker (penutup hidung dan mulut)," katanya.

Kabut asap yang cukup tebal juga membuat sejumlah kapal Roro yang melayari rute Bengkalis-Sungai Pakning menunda keberangkatan. Langkah ini diambil oleh pihak kapal untuk menghindari kecelakaan.

Kepala Adpel Bengkalis Muhammad Fikri, mengatakan, salah satu kapal Roro yang menunda keberangkatan yakni KMP Tasik Gemilang. "Kapten KMP Tasik Gemilang menyatakan tidak sanggup berlayar dari Bengkalis pada pukul 10.00 WIB, mengingat kabut asap cukup tebal," katanya.

Sementara itu, Dinas Kesahatan Riau belum menerima laporan dari kabupaten/kota terkait jumlah penderita Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) akibat kabut asap. "Penderita ISPA di Riau meningkat, tapi jumlah masih di kabupaten/kota," kata Kasi Penyehatan Lingkungan Diskes Riau, Dewani.

Menurutnya, Dumai merupakan kota yang memiliki jumlah penderita ISPA terbanyak dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Riau. Hal ini, katanya, disebabkan kualitas udara di Dumai dan sekitarnya saat ini lebih buruk. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index