Bau Busuk Limbah dari Saluran Pembuangan di Rutan Ganggu Warga

Bau Busuk Limbah dari Saluran Pembuangan di Rutan Ganggu Warga
ROHIL - Buangan limbah dari rutan Bagansiapiapi yang disalurkan melalui parit mengeluarkan aroma busuk dan menyengat. Masyarakat mengeluh dan meminta pihak rutan mencari solusi.
 
Seperti dituturkan, Safei (50) Warga Jalan Mesjid Bagansiapiapi, bahwa limbah buangan dari rutan sudah mencemari polusi udara sekitar lingkungan masyarakat. Hal ini dapat berdampak terganggunya kesehatan.
 
"Bukan hanya warga, tapi siswa SD Batu Hampar termasuk jemaah Masjid Raya juga mencium aroma busuknya,"katanya mengeluh.
 
Dirinya mengaku telah menemui pihak rutan, tetapi sayangnya lembaga kemasyarakatan itu malah menunggu bantuan pembuatan safetytank dari pemda setempat. Ironisnya, bau busuk tersebut menjelang bulan puasa dinilai dapat menganggu ketenangan umat islam dalam menjalankan ibadah tersebut.
 
Kepala Rutan Bagansiapiapi Suparman, pernah mengaku telah mengundang pihak Bapedalda Rohil untuk meninjau lokasi limbah, dan solusinya akan dibuat tempat pembuangannya.
 
Dirinya juga mengaku selama ini piha rutan sudah berupaya melakukan penyaringan(filter) limbah dengan menggunakan ijuk, sehingga yang keluar hanya air dan bukan kotoran.
 
"Kita sudah jelaskan bahwa limbah itu sudah kita saring sehingga yang mengalir tinggal air saja bukan kototan lagi," tangkisnya.(rep05/mcr)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index