Riau

Jika Di Percaya, Siak Siap Jadi Tuan Rumah KBN IV

SIAK - Kemah Budaya Nasional (KBN) ke IV yang baru saja dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan, Kamis (4/6) yang lalu. Belum acara ini selesai, Kabupaten Siak sudah digadang-gadangkan dan disebut-sebut menjadi tuan rumah Kemah Budaya Internasional. Hal ini terungkap saat KA. Kwarnas Adhyasak Dhaut, menyampaikan laporan kegiatan KBN IV yang berlangsung di Siak Sri Indrapura Kamis (4/6).
 
Kata Dhaut, keberhasilan Kabupaten Siak menyelenggarakan Kemah Budaya Nasional ke IV, bisa menjadi bahan pertimbangan dan evaluasi bagi Pemerintah Pusat, bahwa Kabupaten Siak bisa ditunjuk untuk menjadi tuan rumah Kemah Budaya Internasional di Siak Sri 
 
Indrapura."Saya berharap, hal ini dapat di dukung oleh Bupati Siak, bagaimana Siak nantinya bisa menjadi tuan rumah Kemah Budaya Internasional," kata Dhaut.
 
Tak hanya itu, hal senada juga disampaikan oleh Dirjen Kebudayaan Prof Dr.Kacung Marijan, ia menyampaikan bahwa Kabupaten Siak nantinya bisa saja di percaya untuk menjadi tuan rumah Kemah Budaya Internasional. 
 
"Apa yang disampaikan ini, memang punya alasan, sebab Siak Sri Indrapura ini, merupakan wilayah exs Kerajaan yang memiliki nilai-nilai sejarah dan budaya yang cukup tinggi, baik itu keseniannya, Tari-Tarian, bangunan bersejarah seperti Istana, Balai Kerapatan dan yang lainnnya, cukup mendukung bahwa Siak bisa menjadi tuan rumah Kemah Budaya Internasional nantinya," ujarnya.
 
Terkait keinginan ini, Wakil Bupati Siak, Drs.H.Alfedri,M.Si menyatakan siap apabila Pemerintah Pusat bersedia dan percaya jika Kabupaten Siak di tunjuk menjadi tuan rumah Kemah Budaya Internasional. Tak hanya itu, untuk Tuan rumah Jambore Nasionalpun Pemkab Siak siap dan bersedia untuk hal ini, yang penting ada dukungan dari semua pihak. 
 
"Untuk Jambore Nasional ini, Pemkab Siak sudah ada lahannya di Pondok Pesantren Gontor Kecamatan Sungai Mandau.Ungkap Bupati Siak pada Dirjen Kebudayaan, pada acara Pers Conference Kemah Budaya Nasional Tahun 2015 di Panggung Siak bermadah," tutupnya(Fandy/Ria)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]