Tahun Ini, Realisasi DAK Pekanbaru Tertunda

 Tahun Ini, Realisasi DAK Pekanbaru Tertunda

PEKANBARU - Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Syukri Harto mengeluhkan lambannya realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) diterima pada tahun ini.

"Ini sudah memasuki triwulan II tahun 2013. Sementara realisasi DAK asal pemerintah pusat bagi Kota Pekanbaru belum juga dilaporkan penggunaannya," tandas Sukri, usai memimpin rapat Evaluasi SKPD di Aula Kantor Walikota Pekanbaru, Kamis (20/6).

Syukri menjelaskan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang memperoleh dana reward ini adalah Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) sebesar Rp30 miliar untuk tahun 2013.

Menurut Syukri, saat ini harusnya pencairan DAK periode ke dua sudah bisa di lakukan. Akan tetapi kenyataanya hingga kini belum juga terealisasi.

Dari rapat terungkap kendala yang dihadapi adalah belum terealisasinya dana DAK sebesar 30 persen yang sudah di cairkan tahap awal. "tahap satu DAK sudah di cairkan 30 persen, tahap dua harusnya sudah diajukan sebesar  45 persen, tetapi hingga kini belum juga. Kenapa ini terjadi karena tidak diserap harusnya sudah tahap 2, syaratnya untuk pencairan tahap 2 harus ada laporan tahap 1. Kemungkinan belum di laksanakan, Padahal kita dapat cukup besar untuk tahun ini yakni Rp 30 miliar," tandasnya seperti dilansir halloriau.com. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index