Sosialita

Penziarah di Pekanbaru Mulai Kunjungi Pemakaman Umum

Pekanbaru-Meski bulan Ramadhan masih lebih kurang setengah bulan lagi, namun tempat-tempat pemakaman umum di Pekanbaru sudah mulai banyak para peziarah. Mereka selain melakukan bersih-bersih di makam keluarganya, juga memanjatkan doa.
 
Seperti yang terlihat di Pemakaman Umum Jalan Lokomotif Pekanbaru, mulai dari pagi hari sudah terlihat sejumlah warga melakukan peziarah. Jumlah mereka akan makin meningkat pada sore hari, dimana jalan di depan makam tersebut terlihat banyak kendaraan peziarah parkir.
 
Afrizal (46) salah seorang peziarah mengungkapkan dia sengaja berziarah lebih awal karena masih banyak makam keluarganya di tempat lain yang akan diziarahi. "Jadi harus bisa mengatur waktu agar semuanya bisa diziarahi," ungkapnya, Rabu (3/6).
 
Apalagi makam lainnya yang akan diziarahi jaraknya cukup jauh, ada di Bangkinang, ada di Rengat dan ada pula di Bukittingi (Sumatera Barat). "Karena yang di Jalan Lokomotif ini paling dekat, makanya ini dulu yang pertama diziarahi," ujarnya.
 
Lain lagi Ny Saodah (45) peziarah lainnya. Ibu dari dua orang anak ini mengaku datang dari Payakumbuh untuk menziarahi makam ayahnya di Pemakaman Jalan Lokomotif. "Karena jarak dan Payakumbuh dan Pekanbaru cukup jauh, makanya saya sengaja lebih awal berziarah ke sini," jelasnya.
 
Dia mengatakan, hampir setiap menjelang Ramadhan dia menziarahi makam ayahnya ini. "Kebetulan ibu saya tinggal di Pekanbaru. Jadi saya berziarah sambil mengunjungi ibu yang kini usianya sudah lanjut," tambahnya.
 
Sebenarnya, menurut dia, menziarahi makam ayahnya tidak hanya menjelang Ramadhan saja. Pada hari-hari lainnya juga sering melakukan ziarah. "Tapi karena menjelang ramadhan sudah menjadi tradisi, makanya tetap saya melakukannya," ujarnya lagi.(rep05/mcr) 
 

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]