Awas, Ketagihan Facebook Bisa Picu Perceraian

 Awas, Ketagihan Facebook Bisa Picu Perceraian
SELAIN sebagai sarana bersosialisasi, Facebook ternyata bisa memberi pengaruh terhadap keberlangsungan rumah tangga. Media sosial satu ini ternyata juga bisa membuat pasangan suami-istri bercerai.
 
Seperti diketahui, perceraian telah menjadi fenomena. Tidak sedikit pasangan yang bercerai karena masalah sepele dan dalam usia pernikahan yang usianya masih seumur jagung.
 
“Kalau orang menganggap pernikahan adalah sesuatu yang spesial, tentunya dia akan menganggap pernikahan sebagai sesuatu yang patut dipertahankan,” kata psikolog Rose Mini AP, MPsi pada Okezone, belum lama ini.
 
Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cyberpsychology Behavior and Social Media ini menemukan bahwa orang yang menggunakan Facebook secara berlebihan lebih rentan terlibat konflik dalam hubungan. Konflik tersebut jika dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan selingkuh fisik, perpisahan, hingga perceraian.
 
"Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak orang menggunakan Facebook, semakin besar kemungkinan mereka untuk memantau aktivitas Facebook pasangan secara lebih ketat yang akhirnya menimbulkan perasaan cemburu," kata Russell Clayton, salah satu tim peneliti.
 
Dia pun menyarankan agar pasangan yang telah menikah membatasi penggunaan Facebook demi mengurangi konflik dalam pernikahan. Demikian seperti yang dilansir dari CNBC, Kamis (23/4/2015). (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index