Pilkada Surabaya

Ahmad Dhani-Arzetti VS Risma, Siapa Menang?

 Ahmad Dhani-Arzetti VS Risma, Siapa Menang?
Surabaya - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kota Surabaya diperkirakan bakal mengusung Ahmad Dhani dan Arzetti Bilbina sebagai bakal calon Wali Kota dan bakal calon Wakil Wali Kota Surabaya dalam Pilkada Wali Kota Surabaya, 9 Desember nanti.
 
DPC Gerindra Kota Surabaya mengklaim telah membentuk koalisi dengan 6 partai dan berhasil mengantongi 54 persen dukungan. Ketua Tim Penjaringan DPC Gerindra Surabaya, A.H. Thony mengatakan partai yang mendukung pasangan Ahmad Dhani-Arzetti Bilbina adalah Gerindra, Golkar, PAN, PKS, PKB, dan Demokrat. 
 
“Sebelumnya memang ada empat, sekarang tambah dua lagi jadi enam,” ujarnya saat dihubungi Tempo, Minggu 17 Mei 2015. Dia tidak menutup kemungkinan, jika jumlah partai dalam koalisinya akan semakin banyak.
 
Dari catatan Thony, masing-masing partai memiliki jumlah kursi dukungan di DPRD Kota Surabaya berbeda-beda. Namun jika ditotal, jumlahnya mencapai 27 kursi dari total 50 kursi di DPRD Kota Surabaya.
 
Jumlah itu terdiri dari Gerindra sebanyak 5 kursi, Golkar 4 kursi, PAN 4 kursi, PKS 4 kursi, Demokrat 6 kursi, dan PKB 4 kursi. Total prosentasenya mencapai 54 persen. “(Koalisi) ini lebih dari cukup untuk ikut maju dalam Pilwali Surabaya,” jelasnya. 
 
Mengenai keputusan jadi tidaknya menggandeng musikus Ahmad Dhani dan anggota DPR Arzetti Bilbina, Thony menjelaskan, masih menjaring para calon yang akan direstui Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra.
 
Dia mengakui beberapa bulan yang lalu telah melakukan komunikasi dengan Ahmad Dhani. Namun komunikasi sempat terputus dan akan dijalin kembali. “Dia (Ahmad Dhani-Arzetti Bilbina) ada kemungkinan (dipasangkan) karena kami juga sudah berkomunikasi dengan PKB,” ucapnya.
 
Meski begitu, Thony melanjutkan, semakin banyak calon yang mendaftarkan diri, maka semakin mudah DPP untuk menentukan siapakah tokoh yang layak memimpin Surabaya hingga 2020. Saat ini ada 6 calon perorangan yang mengambil formulir dan akan mendaftarkan diri melalui DPC Gerindra.
 
Mereka adalah Ketua Petir Surabaya, Antony Bachtiar; Pimpinan Harian Memorandum, Sukoto; Ketua Koni Jatim, Dhimam Abror; Pengusaha, Basa Alim Tualeka; Dewan Penasehat Laskar Garuda Surabaya, Bambang Koesbiantoro; dan Anggota DPRD Jatim Fraksi Gerindra Benjamin Kristianto. “Kabarnya juga akan menyusul (nama calon) dari pengurus DPP Gerindra pusat,” ujar Thony.(rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index