Ponsel AndaHilang? Ini Dia Tips Menemukannya

 Ponsel AndaHilang? Ini Dia Tips Menemukannya
Beberapa dari Anda kemungkinan pernah mengalami ponsel hilang. Salah satu cara untuk menemukannya yakni dengan melakukan pelacakan. Dengan melacaknya, kemungkinan Anda akan mengetahui di mana ponsel itu berada.
 
Perlu diketahui, untuk menemukan ponsel yang hilang melalui cara men-tracking atau melacaknya tak melulu berlaku untuk ponsel ternyar, tapi juga berlaku untuk ponsel lawas seperti Motorola RAZR generasi pertama. Berikut ini terdapat tips menemukan ponsel yang hilang dengan cara melacaknya, sebagaimana dilansir Digital Trends, Minggu (17/5/2015).
 
Melacak Ponsel Sebelum Hilang
 
Sebelum hilang, tak ada salahnya untuk mengantisipasi hal itu. Jika memiliki smartphone, Anda dapat menggunakan aplikasi. Ada beberapa pilihan aplikasi yang tersedia untuk perangkat telefon pintar Anda, yakni Find My iPhone, Android Device Manager, dan Samsung Find My Mobile.
 
Sementara untuk perangkat non-smartphone, direkomendasikan untuk menggunakan layanan tracking GPS. Ada beberapa layanan tracking GPS yang ada di luar sana, salah satunya AccuTracking.
 
Melacak Ponsel Setelah Hilang
 
Jika tak sempat meng-install atau menggunakan aplikasi yang seharusnya dilakukan sebelum ponsel Anda hilang, masih ada beberapa cara untuk menemukannya lagi.
 
1. Android: Pengguna dapat menggunakan Android Device Manager. Dikarenakan itu merupakan bagian dari layanan Google, Android Device Manager akan terhubung dengan akun Google Anda dan dapat menemukan perangkat terkait melaluinya. Dalam layanan tersebut ada beberapa pilihan untuk mereset PIN jarak jauh, atau menghapus data yang tersimpan.
 
2. iPhone: Pengguna iPhone dapat men-download aplikasi Find My iPhone, tapi jika Anda menggunakan iOS 5 ke atas, aplikasi ini otomatis sudah ter-install. Jika Android Device Manger bekerja untuk Google, maka Find My iPhone bekerja dengan iCloud, sehingga dapat diakses melalui browser, atau perangkat iOS lainnya. Canggihnya, lokasi Anda kehilangan ponsel akan tampil di peta. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengontrol ponsel seperti mengunci telefon, menampilkan pesan darurat, bahkan menghapus data yang tersimpan jika ponsel tak kembali.
 
3. Non-smartphone: pengguna non-smartphone yang belum meng-install layanan aplikasi GPS seperti Accu Tracking tak dapat melakukan banyak selain mengunjungi layanan operator dan berharap mereka membantu untuk melacaknya.
 
Melacak ponsel dengan izin
 
Smartphone: smartphone dilengkapi teman-teman yang dapat menggunakan aplikasi sharing location yang berbeda-beda, sehingga membiarkan Anda mengetahui di mana mereka berada.
 
Facebook dan Twitter, kedua media sosial ini juga memiliki fitur check-in. Hal ini jelas membantu untuk mengetahui di mana smartphone Anda berada.
 
Non-smartphone: untuk pengguna di luar smartphone tak banyak pilihan untuk dirinya dalam pilihan ini.
 
Tips tersebut memang dapat membantu untuk melacak ponsel masa kini ataupun ponsel yang telah dirilis sejak lama. Sayangnya, jika mencoba untuk melacak telefon tanpa tersedianya GPS, maka Anda mungkin harus menginstal chip GPS di telefon sebelum menentukan lokasi. Berarti, Anda harus menemukan dan membeli chip GPS yang kompatibel dengan perangkat. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index