Kenapa Sih Ada Model Mau Jadi PSK? Ini Jawabannya

 Kenapa Sih Ada Model Mau Jadi PSK? Ini Jawabannya
Jakarta-Meruaknya prostitusi online yang diduga melibatkan artis dan model sebagai pekerja seks dianggap bukan sesuatu yang baru. Para artis atau model tersebut sering kali menggunakan dunia prostitusi sebagai pekerjaan sampingan. 
 
"Motivasi yang paling utama itu pasti finansial," kata kriminolog Universitas Indonesia, Eko Haryanto, kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (11/5/2015). 
 
Para pekerja seks tersebut, kata dia, selama ini harus mengikuti gaya hidup. Terlebih lagi, kebanyakan dari pekerja seks tersebut merupakan pendatang baru di dunia hiburan. 
 
"Mereka mungkin bukan artis, kebanyakan adalah model foto, artis figuran, dan pendatang baru. Mereka dituntut oleh gaya hidup," kata Eko. 
 
Dengan bekal nama dan karier yang baru seumur jagung di dunia hiburan, mereka harus berpikir keras. Tak sedikit dari mereka yang juga lebih banyak berkecimpung dalam dunia prostitusi ketimbang menjadikan hal itu sebagai pekerjaan sampingan. Sebab, banyak dari mereka kurang mendapat job. 
 
Selain itu, kata Eko, panti sosial yang disediakan pemerintah untuk menampung para pekerja seks dianggap tak berfungsi dengan baik selama ini. Sebab, tak sedikit dari para pekerja seks, yang sudah diajari keterampilan tersebut, tetap kembali ke dunia prostitusi. 
 
"Bayangin aja, hasil uang menjahit satu bulan sama kayak dia kerja sehari jadi pekerja seks," ucap Eko. 
 
Selama ini, dia mengatakan, para pekerja seks hanya dijerat perda (peraturan daerah). Namun, perda tersebut bukan menempatkan pekerja seks masuk rumah tahanan, melainkan ke panti sosial untuk diajari keterampilan.
 
Hal ini juga disepakati oleh pakar hukum pidana, Ferdinand Andi Lolo. Dia mengatakan, prostitusi memang tidak mudah untuk ditekan. Sebab, peraturan mengenai pekerja seks tak terdapat di KUHP. 
 
Oleh karena itu, polisi diminta untuk kreatif agar bisa menjerat para pekerja seks. Jangan hanya mucikari yang dijerat secara hukum, tetapi juga pekerja seks.
 
"Kalau tidak dihukum secara tegas, mereka akan menawarkan diri ke mucikari lainnya lagi," ucap Ferdinand.
 
Seperti pada kasus yang melibatkan RA (32) sebagai mucikari, dia mengaku jarang merekrut para pekerja seks. Kebanyakan, para artis atau model tersebut yang meminta pekerjaan kepadanya sebagai PSK. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index