Riau

Heboh, Mesin Diesel SMPN 4 Rangsang Hangus Terbakar

SELATPANJANG - Sedang asyik menjalankan aktivitas belajar-mengajar, seluruh guru dan siswa SMPN Rangsang yang berada di Desa Tanjung Samak terkejut dengan kebakaran yang terjadi terhadap satu unit mesin diesel berkapasitas 5 kilovolt amper (kva). Kejadian mengejutkan itu terjadi sekitar lebih kurang pukul 07.30 WIB, Jumat pagi (8/5).
 
Seperti yang diinformasikan salah satu warga Desa Tanjung Samak, Adek Bakri kepada Riau Pos, Jumat petang kemarin. Dia menyebutkan kejadian itu terjadi secara mendadak.
 
“Iya, kejadiannya sekitar pukul 07.30 WIB. Kejadian itu sempat menghebohkan warga,” sebut Adek.
 
Secara terpisah, Kepala Sekolah SMPN 4 Rangsang, Nureha menjelaskan kepada Riau Pos bahwa kejadian kebakaran itu terjadi begitu cepat dan mendadak. “Iya mesin diesel kita terbakar. Bukan mesin saja, tapi juga rumah mesinnya yang terbuat dari papan juga ikut habis,” ujarnya.
 
Nureha menceritakan kejadian kebakaran terhadap satu unit mesin diesel sekolah yang dipimpinnya itu berawal saat mesin tersebut dihidupkan untuk keperluan melaksanakan praktik komputer sekitar pukul 07.00 WIB. Namun secara tiba-tiba sekitar pukul 07.30 WIB siswa dan guru yang sedang melakukan aktivitas belajar mengajar komputer mengaku heran karena secara tiba-tiba listrik yang berasal dari mesin diesel tersebut padam. Pada saat bersamaan salah satu guru tata usaha (TU) yang sedang mengopi di kantin melihat ada kepulan asap di belakang sekolah. Beruntung jarak mesin diesel tersebut terpisah dari gedung sekolah. Sehingga tidak merembet.
 
“Setelah kita lihat ke belakang sekolah ternyata api sudah membesar. Api begitu saja menghanguskan dan membakar rumah mesin tersebut hingga ludes. Api baru padam sekitar 15 menit setelah kebakaran,” katanya.
 
Kasek SMPN 4 Rangsang tersebut menyebutkan bahwa dirinya melarang siswa dan gurunya untuk memadamkan api. Larangan itu dilakukannya agar tidak berdampak lebih buruk. Sebab dia mengkhawatirkan akan ada ledakan terhadap kebakaran itu.(rep04/rpc)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]