Menteri Pendidikan: Naskah Soal SMP Sudah Didistribusikan

Menteri Pendidikan: Naskah Soal SMP Sudah Didistribusikan
Jakarta-Hiruk-pikuk penyelenggaraan ujian nasional (unas) 2015 jenjang SMA sederajat sudah rampung. Kini giliran unas untuk adik tingkatannya, SMP sederajat. Mendikbud Anies Baswedan mengatakan kesiapan unas SMP sederajat hampir 100 persen.
 
Di sela pertemuan di Perpustakaan Kemendikbud Senin (27/4/2015), Anies menjelaskan seluruh naskah unas SMP posisinya sekarang sudah dalam proses pendistribusian. "Sudah tidak ada lagi naskah unas SMP yang masih di percetakan," kata Anies yang mengenakan setelan baju putih dan celana hitam.
 
Penggagas program Indonesia Mengajar itu mengatakan proses distribusi naskah unas SMP sama dengan jenjang SMA. Setelah proses pencetakan naskah unas rampung, naskah kemudian dikirim ke pemerintah provinsi. "Lalu ke tingkat kabupaten/kota dan rayon-rayon," ujarnya.
 
Anies mengatakan pendistribusian dari tingkat provinsi ke kabupaten dan kota serta rayon-rayon mungkin masih berlangsung hingga saat ini. Namun dia memastikan soal unas sudah bisa diambil masing-masing kepala SMP di setiap rayon mulai Senin (4/5/2015) pagi.
 
Seperti diketahui unas untuk siswa "biru-putih" berlangsung empat hari, mulai 4 Mei hingga 7 Mei. Mata pelajaran pertama yang diujikan adalah Bahasa Indonesia. Kemudian disusul berturut-turut Matematika, bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.
 
Terkait dengan antisipasi potensi kecurangan, Anies mengatakan sudah membuat sistem pengawasan yang sangat rapat. "Tetapi sistem yang bagus jika di dalamnya ada penghianat, juga percuma," ujar Anies. Dia menyebut penghianat itu merujuk pada oknum percetakan yang mengunggah naskah unas SMA di Google Drive. Naskah yang diunggah itu lantas menyebar ke tangan siswa dan memicu laporan kebocoran soal ujian. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index