Akademi Komunitas Negeri Pelalawan

Mahasiswa Teknik Elektro Industri Lakukan Studi Banding ke PLT BIOGAS

Mahasiswa  Teknik Elektro Industri Lakukan Studi Banding ke PLT BIOGAS
PELALAWAN - Untuk meningkatkan keilmuan di jurusan Tehnik Elektro di Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP), Rabu kemarin (25/4), sejumlah mahasiswa jurusan Teknik Elektro Industri kampus Orange tersebut melakukan studi banding ke Pembangkit Listrik tenaga Biogas  (PLT BIOGAS) di desa  Rantau Sakti Kabupaten Rokan Hulu.
 
"Tujuan dai kegiatan ini adalah agar para mahasiswa yang jurusan Tehnik Elektro Industri di AKNP dapat melihat secara langsung bagaimana proses dan alur kerja dari sistem pembangkit listrik, sehingga bisa dapat diaplikasikan pada kegiatan mata kuliah yang ada di kampus kami," terang Direktur AKNP Drs Mukhtarius melalui Wadir III bidang Akademik, Yullidya Fitri, S.Si, M.Pd, Jum'at (24/4).
 
Yulli menjelaskan alasan dipilihanya PLT BIOGAS di Kabupaten Rokan Hulu yang menjadi tujuan studi banding dikarenakan PLT Biogas itu merupakan pilot project pemanfaatan limbah cair sawit (POME) untuk pembangkit listrik pedesaan dengan daya sebesar 1 Megawatt. Di samping itu, pihaknya juga menginginkan untuk melihat langsung proses dari sistem pembangkit listrik.
 
"Sehingga diharapkan hal tersebut dapat diaplikasikan pada kegiatan mata kuliah yang ada di kampus kita," tandasnya. Selain itu, sambungnya, dengan adanya kunjungan industri ini juga ke depannya diharapkan para mahasiswa dan dosen dapat melakukan penelitian lanjutan. Sehingga ini bisa juga untuk dikembangkan kemudian diterapkan pembangkit listrik tenaga Biogas ini di Kabupaten Pelalawan. Apalagi mengingat banyaknya bahan baku limbah cair kelapa sawit yang masih belum termanfaatkan di Kabupaten Pelalawan.
 
"Untuk membuat sebuah PLT Biogas, di Kabupaten Pelalawan banyak memiliki Sumber Daya Alam-nya. Artinya, bukan tak mungkin ke depannya kita bisa memuat PLT yang terbuat dari biogas dikarenakan di daerah ini bayak tersedia bahan bakunya," ujarnya.
 
Ditambahkannya, rencananya ke depan pihak AKNP akan menjajaki peluang untuk mengadakan study banding sekaligus workshop untuk para dosen AKNP ke PLT. BIOGAS Rohul guna lebih menggali potensi pengembangan keilmuan dan teknologi yang merupakan acuan untuk mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
 
Dalam kesempatan tersebut, studi banding yang dilakukan pihak AKNP disambut langsung oleh Kepala Dinas Distamben Kabupaten Rohul yaitu H.Yusmar Yusuf, M.Si dan beberapa unsur Muspida Desa Rantau Sakti. (rep03)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index