Irvandi Gustari Terpilih Jadi Dirut Bank Riau Kepri

Irvandi Gustari Terpilih Jadi Dirut Bank Riau Kepri
PEKANBARU - Sosok Dr Irvandi Gustari akhirnya terpilih menjadi direktur utama Bank Riau Kepri melalui rapat umum pemegang saham (RUPS) luar biasa (LB) yang dilaksanakan di Batam, Kamis (23/4/2015).
 
Selain itu, mantan Wagubri HR Mambang Mit resmi ditetapkan menjadi komisaris utama (Komut). Irvandi sebelumnya menjabat sebagai  Senior Vice President (SVP) Bank MNC. Keduanya diminta mundur jika dalam enam bulan kedepan, tidak memperlihatkan peningkatan kinerja terhadap pergerakan roda BUMD tersebut.
   
Hal ini menjadi kesepakatan yang ditandatangani kedua pimpinan di sektor berbeda PT Bank Riau Kepri tersebut bersama seluruh pemegang saham, Kamis (23/4/2015) di Hotel Harmoni, Batam, Kepri. Yang diteken sebuah pakta integritas saat pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) perusahaan daerah yang bergerak di sektor Perbankan tersebut.
 
Selain menetapkan Dirut dan Komut, pembahasan RUPS-LB kemarin juga memilih nama-nama Direktur Operasional dan Komisaris. Dimana dari lima komisaris, tiga independen, yakni HR Mambang Mit sebagai Komut, Rivai Rahman dan Sarjono Amnan. 
 
Sementara dua komisaris lainnya adalah non independen, dimana belum ditetapkan, dengan calonnya terdapat enam nama. Yakni Herman Abdullah, Wan Marwan, M Nazir, Nasir Day, Taufikurrahman, M Zubir. Sementara untuk Direktur Operasional, calonnya adalah Deni Mulia Akbar, dan Syamsul Bakri.
   
Plt Gubri usai penetapan direktur utama dan komisaris utama meminta keduanya mampu meningkatkan kinerja dan menghasilkan pendapatan yang lebih baik untuk BRK, maupun untuk daerah. Karena bagaimanapun menurutnya BUMD harus benar-benar berkontribusi dan bermanfaat bagi masyarakat.
   
"Meningkatkan kinerja dan pendapatan harus dilakukan. Bagi komisaris yang sudah ditetapkan, sehingga manfaatnya harus benar-benar terasa Perbankan ini," tegasnya.
   
Selain penetapan dua nama pimpinan utama tersebut, Plt Gubri menegaskan masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan, misalnya Sumber Daya Manusia (SDM). "Nanti diusulkan lagi ke OJK, ada enam nama untuk dua komisaris yang harus dipilih. Serta dua nama untuk jabatan direktur operasional," ungkap Andi sapaan akrab Plt Gubri.
   
Memang selain dirut dan komut, masih akan ada pelaksanaan pemilihan lanjutan. Diawali oleh komite renumerasi dan nominasi internal PT BRK yang akan menilai calon-calon komisaris dan direktur operasional tersebut. Kemudian baru diserahkan ke OJK untuk menjalani fit and proper test.
   
Plt Kepala Biro Ekonomi Setdaprov Riau Syahrial Abdi menyebut keputusan selanjutnya untuk diproses komite remunerasi dan nominasi, dan baru kemudian diserahkan ke OJK. "Direktur operasional tidak perlu direkomendasi lagi oleh komite renumerasi dan nominasi. Namun sudah langsung ke OJK disampaikan," katanya.
 
Irvandi Gustari yang dipilih dan ditetapkan sebagai direktur utama setelah sebelumnya terdapat dua calon, yakni Sonni Triandoloso, yang merupakan SVP Bank Mandiri Jakarta. Ia mengakui persaingan berat harus dilalui. Serupa dengan perbankan yang ada di seluruh daerah. "Ini adalah masalah kecocokan, jadi peluangnya sebenarnya sama. Tapi itu tadi, masalah kecocokan," singkatnya.(rep05/rpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index