Megawati Tunjuk Pengganti Kiemas

Megawati Tunjuk Pengganti Kiemas

JAKARTA - Sepeninggal mendiang Taufiq Kiemas, kursi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat masih kosong. Sementara, yang memiliki kewenangan untuk mencari penggantinya adalah PDI Perjuangan.

Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu akan menggelar rapat Kamis 20 Juni 2013. Agenda rapat mencari pengganti Taufiq Kiemas.  "Sampai hari ini belum ada pembicaraan. DPP akan rapat besok. Itu kewenangan Ibu Megawati untuk menunjuk," kata politisi PDI P Pramono Anung dilansir vivanews.com di Gedung DPR, Rabu (19/6).

Menurut Pramono, hanya Megawati yang benar-benar mengetahui satu-persatu kadernya yang dianggap cocok menggantikan Taufiq Kiemas. Meski beberapa kali nama Pramono disebut, namun, dia mengaku tak terlalu memikirkan jabatan Ketua MPR. "Saya ketua tim kampanye Pak Taufiq Kiemas," katanya.

Taufiq meninggal dunia di Singapura pada 8 Juni lalu. Dia memiliki riwayat gangguan jantung.

Sementara, Ketua Fraksi MPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Ahmad Basarah, belum lama ini mengatakan bahwa tugas-tugas Taufiq Kiemas, untuk sementara waktu dilaksanakan oleh empat wakil ketua MPR lainnya.

Mereka adalah, Hadjriyanto Thohari, Meilani Leimena, Lukman Hakim, dan Ahmad Farhan Hamid. "Pelaksana Tugas Ketua MPR dilaksanakan oleh empat orang Pimpinan MPR secara kolektif kolegial," kata dia.

Sementara itu, Basarah menambahkan, pergantian jabatan itu akan dilaksanakan paling lama 30 hari setelah wafatnya Taufiq Kiemas. "Akan diisi oleh anggota fraksi MPR dari PDIP," sebutnya. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index