Mendagri: Tunjangan Profesi Guru Harus Cair Sebelum 16 April

Mendagri: Tunjangan Profesi Guru Harus Cair Sebelum 16 April
Jakarta-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengimbau supaya pencairan tunjangan profesi guru (TPG) triwulan I 2015 harus tuntas sebelum 16 April. Pencairan TPG untuk guru PNS daerah, rawan macet, karena uangnya mampir dulu ke rekening pemerintah daerah (pemda).
 
Total anggaran untuk membayar TPG tahun ini mencapai Rp66,4 triliun. Anggaran itu dicairkan dalam empat tahap (triwulanan), masing-masing sekitar Rp16,5 triliun. Khusus untuk pencarian tahap triwulan pertama, Kemendikbud memastikan dana sebesar Rp16 triliun sudah masuk ke kas pemerintah daerah (pemda).
 
Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Ditjen Pendidikan Dasar Kemendikbud Sumarna Surapranata mengatakan, total guru PNS daerah yang menjadi mendapat TPG mencapai 990.482 orang. Tetapi baru 775.376 orang guru (78 persen) yang sudah mengantongi SK pencairan tunjangan. "Kami belum tahu apakah sudah dicairkan atau belum. Saya berharap sudah dicairkan," jelas dia.
 
 "Kami mengimbau untuk segera dituntaskan pencairannya," lanjut pejabat yang akrab disapa Pranata itu. Aturannya pencairan TPG triwulan pertama ini dijalankan antara 1 sampai 16 April. Jadi Pranata berharap pencairan TPG ini tuntas sebelum 16 April. Apalagi posisi saat ini anggaran TPG sudah ditransfer dari pemerintah pusat ke pemda. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index