Bigini Cara Kembalikan Kecepatan Smartphone Android

 Bigini Cara Kembalikan Kecepatan Smartphone Android
Lamanya usia smartphone Android akan memengaruhi kinerja perangkat tersebut. Kinerja smartphone Android yang mulai pudar alias lelet membuat pengguna terkadang frustrasi.
 
Seperti dilansir Android Central, Sabtu (28/3/2015), pengguna tidak perlu khawatir karena hal tersebut memang wajar terjadi pada setiap perangkat, termasuk smartphone Android. Berikut ini Okezone paparkan beberapa tips untuk membuat smartphone Anda kembali ke modus speed.
 
Hapus Semua Aplikasi yang Tidak Digunakan 
 
Hapus semua aplikasi yang di-download namun tak pernah digunakan. Aplikasi-aplikasi tersebut akan membuat ponsel lambat karena menggunakan daya ponsel. Aplikasi itu seperti siklus CPU untuk layanan latar belakang yang memenuhi tempat di memori dan media penyimpanan Anda.
 
Untuk menghapus berbagai aplikasi tersebut, pengguna Android cukup buka layanan menu Settings lalu pilih General, Application Manager, dan Download. Kemudian mulai uninstall aplikasi yang diinginkan secara satu per satu.
 
Bersihkan Media Penyimpanan Internal 
 
Hapus berbagai foto, gambar, dan video yang menumpuk di dalam menu galeri smartphone Anda. Selain menghapus konten di galeri, singkirkan segala file zip, gambar, rekaman suara, dan sebagian yang dirasa tak akan dibutuhkan lagi dari menu Download.
 
Jika sayang untuk menghapusnya, pengguna dapat mem-back up data dan file tersebut ke PC atau laptop. Dengan menghapus berbagai file usang, RAM dan memori internal akan mendapat ruang lebih. Selain itu, tempat kosong dalam memori dapat diisi data atau file lain yang lebih berguna.
 
Hapus Cache Data
 
Cache berisi berbagai file dari situs yang dikunjungi. Cache sebenarnya sangat berguna. Dengan adanya cache, pengguna dapat menampilkan halaman website lebih cepat di waktu berikutnya apabila membukanya lagi.
 
Meski begitu, apabila data cache yang disimpan di dalam smartphone terlalu besar, dapat membebani RAM. Jadi, disarankan pengguna menghapus cache tersebut apabila file tidak lagi dibutuhkan oleh web browser smartphone.
 
Caranya, pengguna cukup mengakses menu Settings, General, lalu Storage. Kemudian pilih cached data, nantinya akan muncul pemberitahuan dapat membersihkan semua cache data itu, lalu pilih Ok.
 
Cek Micro-SD
 
Jika menggunakan micro-SD pada smartphone, rajinlah untuk mengeceknya, dan jangan sampai memori eksternal tersebut terlalu penuh hingga menyebabkan smartphone Android menjadi lelet. Jika data dan file penuh di micro-SD lalu ingin membuat back up-nya, cara paling mudah ialah dengan menghubungkan ke komputer.
 
Pengguna cukup menghubungkan smartphone melalui port USB di komputer. Komputer akan menunjukkan internal storage dan memori eksternal. Kemudian pengguna dapat melihat semua file pada SD card itu dan mulai menghapus atau mem-back up di perangkat lain.
 
Reset Ponsel
 
Jika cara-cara sebelumnya belum dapat mengembalikan performa smartphone, pengguna memiliki opsi terakhir, yakni dengan mereset data dari smartphone. Caranya, pengguna cukup menuju menu Settings, lalu pilih General, Backup and reset, dan Factory Reset.
 
Percayalah, Factory Reset akan mengembalikan keadaan smartphone seperti saat pertama kali dibeli. Update firmware masih akan tetap berjalan di ponsel Anda, namun data lain seperti pesan teks dan data lain di dalam cloud ponsel akan hilang selamanya.(rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index