Atasi Banjir, Pemko Pekanbaru Akan bangun Dua Waduk

Atasi Banjir, Pemko Pekanbaru Akan bangun Dua Waduk
PEKANBARU - Pemko Pekanbaru akan membangun dua waduk, masing-masing di pusat perkantoran Pemko Pekanbaru dan dekat kawasan Terminal Bandar Raya Payung Sekaki. Kedua waduk itu dibangun guna mengatasi masalah banjir di sekitar kawasan tersebut.
 
Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Pekanbaru, Azmi dalam keterangannya Rabu (18/3) mengatakan, untuk membangun waduk itu pemerintah kota Pekanbaru mendapatkan bantuan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 16,4 miliar.
 
Dia mengatakan selain membangun kedua waduk itu, pemerintah kota Pekanbaru saat ini sedang memprioritaskan pembangunan tiga waduk. Satu diantaranya adalah di belakang kawasan Purna MTQ nasional.
 
Dari ketiga waduk yang menjadi prioritas Pemko Pekanbaru itu, dua waduk yakni di pusat perkantoran Pemko Pekanbaru dan dekata kawasan terminal bandar Raya Payung Sekaki mendapat bantuan dari pemerintah pusat melalui APBN 2015.
 
Sedangkan untuk waduk di belakang kawasan Purna MTQ Nasional rencananya akan diajukan untuk anggaran tahun depan. "Jadi tahun ini baru dua waduk yang akan dibiayai pemerintah pusat, masing-masing dengan anggaran Rp8,2 juta.
 
Menurut dia, Pemko Pekanbaru memang berencana akan membangun lebih banyak lagi waduk guna menanggulangi masalah banjir di kota Pekanbaru. Direncanakan satu kecamatan akan dibangun satu waduk. Namun itu akan direalisasikan secara bertahap. (rep01/MCR)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index