Draft Perubahan Status Jalan di Inhu Disiapkan

Draft Perubahan Status Jalan di Inhu Disiapkan
RENGAT - Beberapa ruas jalan di kabupaten Indragiri Hulu yang selama ini berstatus jalan nasional, diwacanakan akan beralih menjadi jalan Provinsi. Jalan tersebut diantaranya jalan Rengat menuju Tembilahan yang memang selama ini berstatus jalan nasional.
 
"Draft untuk peralihan itu sudah disiapkan, tinggal pengajuan dan menunggu SK dari Kementrian Perhubungan. Peralihan juga akan dilakukan terhadap jalan Rengat Pematang Reba termasuk jalan Azki Aris yang selama ini disebut jalan tidak bertuan, jelas Kabid Bina Marga PU Inhu, Yandrianto.
 
Menurut Yandrianto panjang jalan dari Rengat Kuala Cenaku lebih kurang 22 KM dan beberapa ruas jalan yang saat ini mengalami keruntuhan akibat terlalu beredekatan dengan Sungai, akan di belokkan, agar tidak lagi terguris air sungai Indragiri.
 
Selain itu kata Yandrianto, Pemkab juga akan merelokasi jalan lingkar Pematang Reba sepanjang 23 KM dari arah belakang kantor Disperindag menuju Sekip Hilir, Rawajadi, Rawa Bangun yang tembus menuju Kuala Cenaku, persisnya sebelum kantor camat Kuala Cenaku.
 
Diungkapkannya, untuk saat ini penyelesaian jalan tersebut dilakukan oleh PU Inhu, setelah selesai nantinya jalan tersebut akan kita serahkan kepada PU Provinsi Riau. Saat ini Provinsi juga sudah melakukan pembangunan dengan penimbunan pada daerah Rawajadi menuju Rawa Bangun dengan anggaran 15 milyar melalui APBD Riau tahun 2015.
 
Yandrianto berharap, program provinsi dapat terus diraih, terutama untuk pemenuhan kebutuhan infrastruktur yang lebih baik di kabupaten Indragiri Hulu, termasuk juga untuk meraih APBN. APBD Riau tahun 2015 ini untuk infrastruktur jalan di Inhu telah dianggarkan senilai lebih kurang Rp114 milyar lebih, termasuk untuk kelanjutan jalan lintas selatan di Batang Cenaku. (rep01/MCR)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index