Melejit, Inhu Duduki Peringkat Dua Penilaian e-Government se Riau

Melejit, Inhu Duduki Peringkat Dua Penilaian e-Government se Riau
RENGAT - Setelah terpuruk pada urutan terakhir Pemeringkatan e-Goverment Indonesia (PeGi) tahun 2012 lalu, kini Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) berhasil menempati urutan kedua dalam PeGi tingkat kabupaten/kota se Provinsi Riau tahun 2014.
 
Hal ini berdasarkan hasil penilaian Direktorat e-Goverment Ditjen Aptika Kemkominfo pusat. Keberhasilan ini membuktikan bahwa Inhu sangat serius menerapkan e-Government dalam penyelenggaraan pemerintahan.
 
"Berdasarkan hasil penilaian yang di rilis Direktorat e-Government, Ditjen Aptika Kemkominfo di laman web resmi mereka http://pegi.layanan.go.id/, Kabupaten Inhu melejit dengan menempati posisi kedua PeGi tahun 2014. Penilaian ini dilaksanakan tiap dua tahun sekali," ujar Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Inhu, Drs Erpandi melalui Kabid Informatika Dishubkominfo Inhu, Roma Doris, M.Eng, Selasa (17/3/2015) di kantornya.
 
PeGI merupakan kegiatan nasional yang setiap tahun selalu diukur dalam indikator capaian serta benefitnya terkait pengembangan e-Government secara nasional. Dengan kegiatan PeGI ini, Indonesia mempunyai peta kondisi keadaan pemanfaatakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di lingkungan pemerintah secara nasional, sebut Roma.
 
PeGi juga memberikan dorongan serta menyediakan acuan bagi pengembangan dan pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah. Atas dasar itulah, Pemkab Inhu serius dalam menerapkan e-Government dengan memanfaatkan penggunaan TIK dalam melaksanakan tugas disetiap instansi pemerintah, sehingga lebih efisien dan dapat memperpendek proses birokrasi yang berbelit-belit dalam rangka percepatan reformasi birokrasi.
 
Langkah kongkrit yang sudah diambil Kabupaten Inhu salah satu nya adalah dengan mengusulkan Ranperda e-Government ke DPRD. Ranperda tersebut dimaksudkan untuk dapat mengoptimalkan penggunaan TIK dalam rangka peningkatan pelayanan publik dan proses pemerintahan yang nantinya akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, tegasnya.
 
Ditambahkan Roma, posisi Kabupaten Inhu yang berada di peringkat kedua hanya terpaut 0,3 point dari peringkat pertama yang diduduki Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang memang memiliki infrastruktur TIK lebih baik.
 
"Kita sadar, TIK Inhu saat ini masih terkendala dengan infrastruktur, terutama untuk infrastruktur jaringan. Namun demikian, kemajuan pesat Pemkab Inhu pada Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGi) ini perlu diapresiasi dan diharapkan menjadi landasan untuk menyukseskan penerapan e-Governtment di Kabupaten Inhu," pungkasnya, seperti yang dikutip dari Goriau.com. (rep01)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index