61 Mahasiswa AKN Pelalawan PKL di 25 Perusahaan

 61 Mahasiswa AKN Pelalawan PKL di 25 Perusahaan
PELALAWAN - Sebanyak 61 orang mahasiswa-mahasiswi Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pelalawan mulai Senin besok (16/3) akan melakukan praktek kerja lapangan di 25 perusahaan yang bekerjasama dengan kampus milik Pemkab Pelalawan itu. Namun sebelum praktek kerja lapangan itu, ke 61 mahasiswa/i AKNP itu diberi pembekalan oleh sejumlah pemateri pada hari Sabtu kemarin (14/3).
 
"Pembekalan praktek kerja lapangan itu sangat penting artinya bagi para mahasiswa dan mahasiswi. Soalnya, tantangan ke depan itu akan semakin berat apalagi di tahun ini telah memasuki MEA, dimana persaingan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) akan semakin terbuka," terang anggota DPRD Pelalawan Komisi 1, Abdullah, yang membuka secara resmi pembekalan itu, Sabtu (14/3).
 
Abdullah mengatakan bahwa dengan adanya praktek kerja lapangan ini maka harus dinilai sebagai pembekalan bagi para siswa guna memasuki kerja nyata yang sesungguhnya nanti. Apalagi praktek kerja lapangan ini juga sebagai tolak ukur bagi para mahasiswa dalam menyerap mata kuliah yang diajarkan di AKNP.
 
"Karena itu, saya hanya meminta agar para mahasiswa bisa mempersiapkan semaksimal mungkin dalam menghadapi semuanya," tegasnya.
 
Hal yang kurang lebih sama disampaikan oleh Direktur AKNP, Mukhtarius M.Pd, di kesempatan itu. Menurutnya, praktek kerja lapangan para mahasiwa AKN Pelalawan ini adalah tahun kedua yang dilaksanakan oleh pihaknya. Karena itu, dirinya selaku Dirut AKNP meminta agar para mahasiswa dapat menjadikan praktek kerja lapangan ini sebagai momentum dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.
 
"Jadikan praktek kerja lapangan ini untuk menempa mental dan pengetahuan kalian selama magang di perusahaan. Serap semua ilmu yang diberikan selama magang, dan maksimalkan semuanya agar hasil magang ini benar-benar menjadi bekal kalian," tandasnya.
 
Wakil Dorektur III AKNP Pelalawan, Yumisri S.Sos, menjelaskan bahwa pelaksanaan praktek kerja lapangan ini memakan waktu tiga (3) bulan lamanya, dimulai dari tanggal 16 Maret sampai 16 Juni 2915. Dari jumlah 61 mahasiswa yang mengikuti praktek kerja lapangan ini, terbagi dalam dua program studi (prodi) yakni jurusan Tehnik Elektro dan jurusan Manajemen Informatika.
 
"Untuk Tehnik Elektro ada 19 orang, terdiri dari 16 mahasiswa dan 3 mahasiswi. Kalau untuk Manajemen Informatika, ada 42 orang, terdiri 16 mahasiswa dan 26 mahasiswi. Kesemua mahasiswa itu melakukan praktek kerja lapangan di 25 perusahaan yang tersebar di Kabupaten Pelalawan, Inhu yakni di Pertamina Lirik, di Kabupaten Bengkali di PT Chevron, di Pekanbaru. Sedangkan yang lainnya magangnya tersebar di Kabupaten Pelalawan," terangnya.
 
Ditambahkannya, pihaknya mengharapkan para mahasiswa-mahasiswi yang melakukan praktek kerja lapangan ini dapat mengikuti ketentuan perusahaan yang menerima mereka magang dengan sebaik-baiknya. Soalnya, mau tak mau mereka membawa nama AKN Pelalawan sehingga harus menjaga etika dan bisa menunjukkan hasil yang maksimal selama magang. 
 
Hadir dalam pembekalan itu selain Dirut AKNP Mukhtarius S.Pd M.PD, anggota DPRD Pelalawan Abdullah, Wadir I, II dan III AKN Pelalawan beserta seluruh staff AKN Pelalawan, juga seluruh mahasiswa-mahasiswi yang akan melakukan praktek kerja lapangan itu. (rep03)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index