Hampir 300 Ha Lahan di Bengkalis Hangus Terbakar

Hampir 300 Ha Lahan di Bengkalis Hangus Terbakar

 

PEKANBARU - Sebagian besar wilayah Riau dalam tiga hari terakhir ini sudah diguyur hujan. Meski demikian, belum semua titik api padam.

"Titik api masih ada, meskipun ada guyuran hujan, kami masih melakukan pemadaman di lapangan bersama tim Satgas,” ujar Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bengkalis, Suswantoro kepada Tribun, Minggu (8/3/2015).

Terutama di lahan gambut, api sulit dipadamkan, karena merasuk ke bawah permukaan tanah sehingga sangat sulit padam. "Yang susah itu di lokasi lahan gambut itu," ujar Suswantoro.

Menurut perkiraan, sampai saat ini sudah hampir 300 hektare lahan di Kabupaten Bengkalis yang hangus dalam peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di awal tahun ini.

Sementara data pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, masih terdeteksi sebanyak 22 titik panas (hotspot) di Riau pada Minggu pagi. Dari 22 titik panas itu, terbanyak masih dijumpai di Kabupaten Bengkalis yakni 16. Kemudian Indragiri Hilir 4 titik panas dan Kabupaten Kepulauan Meranti 2.

Sedangkan untuk seluruh Pulau Sumatera terdeteksi sebanyak 25 titik panas. Selain Riau yang mendominasi, titik panas juga terpantau di Provinsi Kepulauan Riau dan Bengkulu, masing-masing dua dan satu titik panas.

Cuaca di Riau pada umumnya cerah berawan. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang, sore atau malam hari terjadi hampir di seluruh bagian wilayah Riau. (cr01/tpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index