Harga Elpiji 12 Kg di Agen Rp134.300, di Pasaran Dijual Rp150 Ribu

 Harga Elpiji 12 Kg di Agen Rp134.300, di Pasaran Dijual Rp150 Ribu
Pekanbaru-Pemerintah pusat resmi menaikkan harga elpiji 12 kilogram Rp5.000 per tabung. Di Kota Pekanbaru,  harganya menjadi Rp34.300. Ini harga dari PT Pertamina Marketing Operation Region I Sumbar-Riau yang ditetapkan untuk tingkat agen gas resmi. 
 
‘’Kami sudah pasang plang harga di agen-agen resmi kami, baik di Pekanbaru maupun di seluruh daerah Riau. Harga Rp34.300. Itu adalah harga jual di Pekanbaru. Daerah-daerah lain pasti beda,’’ kata Sales Representative Elpiji Pertamina Region I Sumbar-Riau, Mahfud, Selasa (2/3). 
 
Bagaimana di tingkat eceran? Mahfud tidak bisa menjamin harganya sama dengan di agen. Pertamina sendiri melakukan pengawasan hanya sampai di tingkat agen resmi. 
 
Disebutkannya lagi, karena elpiji 12 kilogram ini merupakan non-subsidi, makanya tidak ada kuota yang ditetapkan di setiap kabupaten kota.
 
‘’Kami menyuplainya sesuai dengan kebutuhan, tidak ada stock yang kami siapkan, kecuali elpiji 3 kg. Artinya berapa keperluan masing-masing daerah, di situ kami siapkan permintaannya,’’ bebernya.
 
Ditambahkan Mahfud lagi, karena memang selama ini menyuplai elpiji 12 kg itu sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah.
 
Sementara itu, kenaikan elpiji 12 kg disikapi beragam oleh pemakainya. Juriah (50), warga Jalan Adi Sucipto mengaku keberatan jika harga elpiji 12 kg terus naik. ‘’Kemarin naik, terus turun. Tapi kami beli tak pernah turun. Kalau terus mahal, kami beralih ke elpiji 3 kg saja yang lebih murah,’’ katanya seperti dilansir riaupos.co.
 
Sedangkan Ninik (48), warga Jalan Dharma Bakti mengatakan dirinya belum lama ini membeli elpiji 12 di swalayan seharga Rp50.000. ‘’Naik lagi, ya? Saya belum tahu karena baru beli. Beliya Rp50.000.,’’ katanya, kemarin.
 
Ditanya apakah dirinya ingin beralih ke elpiji 3 kg, Ninik menjawab tidak. ‘’Kalau ganti, harus beli tabung baru lagi, kan? Lebih baik saya lakukan penghematan pemakaian gas saja,’’ sebutnya sambil menambahkan biasanya elpiji 12 kg dipakainya selama sebulan.(rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index