Mantap, Perpustakaan Soeman Hs Terbaik Asia Tenggara

 Mantap, Perpustakaan Soeman Hs Terbaik Asia Tenggara
Pekanbaru-Masyarakat Riau pantas berbangga. Perpustakaan Soeman Hs Pekanbaru, berhasil mengalahkan 19 peserta di delapan negara Asia Tenggara dalam seleksi desain arsitektur yang dianggap memiliki identitas ASEAN. Desain Perpustakaan Soeman Hs dianggap berhasil menonjolkan budaya lokal masyarakat, budaya Melayu. Identitas itu dipadukan dengan unsur modern dan kualitas bangunannya.
 
Perpustakaan Riau mendapatkan nilai total 580,1 dari delapan juri. Pemenang kedua Hotel The Myat Mingalar di Myanmar, dengan nilai 577,7,  sedangkan pemenang ketiga, Wika Leadership Center dari Indonesia, meraih nilai 574,9. Independensi perlombaan ini sangat terjaga karena juri dari negara yang gedungnya dinilai, tidak bisa ikut memberi penilaian.
 
Ketua Dewan Juri, Budi A Sukada, mengatakan, ada 20 desain bangunan yang didaftarkan delapan negara, yakni Indonesia, Filipina, Thailand, Laos, Myanmar, Vietnam, Brunei, dan Kamboja. Keduapuluh desain bangunan tersebut akan dipamerkan keliling ke negara-negara ASEAN.
 
"Desain Perpustakaan Soeman Hs  adalah inovasi dan ekspresi yang sangat tinggi, yang berasal dari budaya Melayu, budaya masyarakat tempatan Riau. Kombinasi kontruksi tradisional dan modern dipadukan, dan hasilnya sangat luar biasa," ujar Jose Danilo A Silvestre, Guru Besar Arsitektur Universitas Filipina, salah satu juri, dalam sesi penilaian, 26 Februari.
 
Menurut Danilo, integrasi dua simbol, yakni rehal (alas untuk membaca Alquran) dan rumah tradisional Melayu, adalah perpaduan yang sangat selaras dan kuat secara filosofi. 
 
Juri asal Brunei Darussalam, Haji Roslan bin Datu Hulubalang Haji Abdul Wahab juga senada dengan Danilo. Menurutnya,  Perpustakaan Soeman HS di Riau  adalah "nafas baru" dari gedung lama dengan pergantian pemanfaatan. Sebelumnya, gedung ini adalah bangunan lama Kantor DPRD Riau, yang kemudian dipugar sedemikian rupa, yang kemudian dialihfungsikan menjadi gedung perpustakaan daerah.
 
"Dengan satu atap berbentuk rehal dan beberapa bangunan lama masih dipertahankan, gedung ini memiliki karakter yang sangat kuat," ujar Haji Abdul Wahab.(rep05/rpc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index