Panen Selalu Meningkat, Bengkalis Dekati Swasembada Beras

 Panen Selalu Meningkat, Bengkalis Dekati Swasembada Beras
Bengkalis-Upaya yang  telah dilakukan oleh Pemerintahan Kabupaten (Pemkab)  Bengkalis, Provinsi Riau,  untuk menjadikan bengkalis Negeri Junjungan sebagai daerah  swasembada beras telah mulai membuahkan hasil.
 
Hal tersebut terbukti dari produksi padi, khususnya di Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.
 
 "Tiga tahun terakhir ini di desa  Bukit Batu terus mengalami peningkatan dalam hal produksi padi, pada tahun 2013 rata-rata 3,6 ton, setahun kemudian tahun 2014 menjadi 4,8 ton apalagi didukung dengan keberadaan lahan  cetak sawah," kata kepala Unit Pelaksana Teknik Dinas (UPTD) Pertanian dan Peternakan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, M. Waluyo Subagyo, di Bengkalis, Minggu.
 
 Dia mengatakan di kecamatan Bukit Batu ada lima Desa cetak sawah yang di bangun oleh pemerintah kabupaten Bengkalis.
 
 "Ada lima desa yang sudah dibangun cetak sawah oleh pemerintah, diantaranya Desa Api - Api, Desa Parit satu Api-Api, Desa Bukit Kerikil, Desa Bukit Batu, dan Desa Sukajadi," katanya.
 
  Dia menjelaskan pihak Distanak akan terus melakukan pembinaan  terhadap petani padi, khususnya pada desa-desa yang memiliki lahan cetak sawah.
 
 Sementara itu pihak Distanak juga mentargetkan peningkatan panen padi meningkat 10 persen dari produksi tahun 2014 lalu.
 
 "Tahun lalu produksinya rata-rata sudah mencapai 4,8 ton, jadi cukup beralasan jika kita targetkan tahun ini ditingkatkan 10 persen," katanya, seperti dilansir antarariau.
 
 Selain itu, katanya, pihak Distanak akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat setempat, khususnya petani padi.
 
"Kedepannya masyarakat petani diharapkan dapat merasakan dampak positif dari berbagai program pemerintah yang dikucurkan, baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah kabupaten Bengkalis," katanya. (budi/ant)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index