Angkat Potensi Batu Lokal

Asosiasi Inhu Kreatif Gelar Kontes Batu Akik

 Asosiasi Inhu Kreatif Gelar Kontes Batu Akik

RENGAT- Bertempat di lapangan terbuka hijau Kota Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau, Asosiasi Inhu Kreatif dan komunitas masyarakat pencinta dan pengrajin batu akik, gelar kontes batu Inhu khususnya asal Riau. Kontes ini akan berlangsung selama satu minggu kedepan, yakni pada Sabtu (7-14/2/2015). Kontes ini diberi nama "Promo Gemstone I Inhu".

"Kita melihat, potensi dan kualitas batu Inhu sangat bagus dan diminati banyak orang, terutama dikalangan para pencinta dan pengrajin batu akik. Sehingga komunitas batu akik yang ada berkeinginan untuk membuat sebuah promo atau kontes batu akik ini", ujar Ketua Panitia acara, H Agusrianto, melalui Ketua Asosiasi Inhu kreatif, Adri Bahar kepada GoRiau.Com, Jumat (6/2/2015) via selulernya.

Dikatakan Adri, dilaksanakannya kontes batu akik ini mengingat tingginya minat masyarakat yang cinta dengan hasil alam, khusu batu akik, tidak hanya di Inhu atau Riau bahkan diseluruh manca negara. Dengan demikian, diharapkan dengan adanya kontes ini mampu mengangkat hasil alam Inhu dan hasil karya anak nergri.

Jenis batu akik yang ikut kontes ini ada dua macam, yaitu jenis batu bening atau polos (tampa motif) dan batu akik bermotif untuk semua ukuran. "Untuk tim penilai, kita memberikan hak kepada penonton atau pengunjung untuk menilai unsur atau nilai yang terkandung dalam batu yang dipamerkan peserta. Karena saat ini Inhu tidak memiliki ahli geologi dalam menentukan kadar atau nilai batu akik tersebut", sebutnya, dikutip goriau.com.

Ditambahkan Adri, kontes ini tidak hanya menampilkan batu akik, melainkan juga menampilkan bonsai (tanaman kerdil diatas pot). Sejauh ini sudah 40 batu akik dan 30 bonsai yang didaftarkan peserta. Namun masih ada yang akan mendaftar menjelang acara pembukaan. Karena dari calon peserta tersebut masih mempoles batu mereka sebelum ditampilkan.

"Dengan promo ini, kita juga berharap mampu mengangkat potensi daerah ini. Maka, kita menghimbau kepada komunitas atau pecinta batu akik untuk segera mendaftar kepada pihak panitia. Promo ini direncanakan akan dibuka langsung oleh Bupati Inhu, H Yopi Arianto. Untuk pendaftaran, panitia hanya dikenakan biaya sebesar Rp50 ribu untuk satu batu", tukas mantan Camat Rengat itu menjelaskan.(cr01/grc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index