Demam Batu Akik

Giok Natural Gold Asal Aceh Ini Dibandrol Rp 600 Juta

Giok Natural Gold Asal Aceh Ini Dibandrol Rp 600 Juta
Banda Aceh - Booming batu akik melanda seluruh pelosok Indonesia. Dari provinsi paling Barat Aceh, sejumlah batu berharga selangit muncul. Hal ini terkuak lewat Atjeh Batee Festival (Festival batu Aceh) yang digelar di Hotel Palace Banda Aceh.
 
Salah satu batu berharga ratuan juta rupiah yakni Giok Natural Gold asal Bener Meriah, Aceh. Batu seberat 16 Kilogram ini dibandrol dengan harga Rp 600 juta.
 
Seorang penjaga stand dan kolektor batu, Aman Aga, mengatakan, batu jenis Natural Gold ini milik Bupati Bener Meriah, Ruslan Abdul Gani. Batu ini memiliki warna yang indah, bening kekuning-kuningan dan kadar kekerasan mencapai lebih 7 moh. Batu ini pernah ditawar oleh seorang pembeli dengan harga Rp 300 juta tapi Aman enggan melepasnya.
 
"Ada yang tawar Rp 300 juta tapi saya tetap mempertahankan Rp 600 juta," kata Aman kepada wartawan, Jumat (6/2/2015).
 
Batu yang ditemukan sekitar 20 tahun silam ini dipamer di stand milik Aman. Selain Natural Gold, Aman juga mengoleksi jenis batu lain yang harganya juga ratusan juta seperti Idocrase jenis solar super. Warnanya kecoklatan serta memiliki giwang yang bagus dan kebeningan yang baik.
 
Solar super seberat 13 Kg miliknya ini dibandrol dengan harga Rp 300 juta. Batu tersebut juga memiliki kekerasan mencapai 7 moh.
 
"Koleksi saya semua mencapai 40 Kg dengan berbagai jenis macam batu. Kalau ditotalkan semuanya Rp 2 miliar lebih," ungkapnya. (rep01/dtc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index