Inti Masalah Pendidikan Indonesia adalah Guru

 Inti Masalah Pendidikan Indonesia adalah Guru

JAKARTA-Inti masalah pendidikan Indonesia saat ini, sejatinya adalah kualitas guru. Namun hingga kini, pemerintah belum serius membenahi hal tersebut.

Bahkan, kata anggota Komisi X DPR RI Nurhasan Zaidi, rencana strategis (renstra) Kemendikbud belum menyentuh upaya perbaikan mutu guru. "Jika dibahas, hanya karena perlu pelatihan guru demi terlaksananya Kurikulum 2013. Jadi di sini, posisi guru hanya instrumental," kata Nurhasan seperti dikutip dari Okezone, Rabu (28/1/2015).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menilai, guru adalah muara semua masalah pendidikan di Tanah Air. Guru yang tidak siap, misalnya, menyebabkan gagalnya penerapan Kurikulum 2013. Karena itulah, sebelum guru benar-benar siap, Mahkamah Agung melarang penerapan Kurikulum 2013. Menurut Nurhasan, pembuatan dan penetapan satu program strategis semacam Kurikulum 2013 akan mustahil jika pemerintah tidak mengetahui pasti kondisi mutu guru yang akan melaksanakan kurikulum tersebut.

Selain itu, pemerintah juga belum memiliki agenda pemetaan guru secara nasional. Pemetaan kemampuan siswa dilakukan melalui UN, namun hingga kini belum ada instrumen yang mampu memetakan kemampuan dan mutu para guru secara nasional.

"Jika ada UN untuk siswa, mengapa tidak diadakan semacam UN untuk mengetahui dan memetakan kondisi mutu guru? Pemetaan mutu guru secara nasional perlu segera dilakukan," tuturnya. (cr01/oz)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index